logo


Kenali Efek Samping Vaksin Covid-19 di SehatQ

Meminimalkan efek samping vaksin Covid 19 yang parah dan tidak diinginkan perlu dilakukan.

26 Maret 2021 09:16 WIB

Dr Anthony Fauci mendapat suntikan vaksin Covid-19
Dr Anthony Fauci mendapat suntikan vaksin Covid-19 reuters

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Masa vaksinasi sudah dimulai untuk memutus masa pandemi  Covid 19. Vaksinasi yang diberlakukan terhadap lebih dari 70 persen warga di Indonesia diharapkan dapat membentuk herd immunity, sehingga penyebaran virus corona baru dapat dihentikan dan kehidupan bisa berjalan normal kembali.

Meskipun demikian, pemberian vaksin harus dilakukan secara berhati-hati. Hal ini guna mencegah munculnya efek samping vaksin Covid 19 yang tidak diharapkan. Karena alasan ini pula, operator pemberi vaksin Covid 19 akan meminta orang yang divaksin untuk menunggu selama 30 menit di tempat pemberian vaksinasi untuk melihat ada tidaknya kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI).

Namun, bisa saja efek samping muncul setelah lewat 30 menit itu. Dalam beberapa hari, memantau kondisi kesehatan untuk meminimalkan efek samping vaksin Covid 19 yang parah dan tidak diinginkan pun perlu dilakukan. Salah satu cara tersimpel untuk mengeceknya adalah memantau kondisi sendiri lewat survei yang ada di laman aplikasi maupun situs resmi SehatQ. Apabila Anda menemui gejala-gejala ini, artinya Anda memang tengah mengalami efek samping vaksin Covid 19.


Masyarakat Siap Adaptasi Baru, Indonesia Memulai Vaksinasi Usia Lanjut

Kemerahan

Tidak perlu heran apabila lengan tempat Anda menerima vaksinasi akan memerah. Ini merupakan efek samping vaksin Covid 19 yang sangat umum dan tidak perlu dikhawatirkan. Namun biasanya, kemerahan di kulit tidak menyebar dan hanya terpaku pada titik area tempat vaksinasi dan sedikit area sekitarnya. Jika kemerahan menyebar, cobalah berkonsultasi dengan operator kesehatan.

Pembengkakan

Tidak hanya kemerahan, sangat mungkin Anda akanmengalami efek samping vaksin Covid 19 berupa pembengkakan di area kulit tempat Anda mendapat vaksinasi. Pembengkakan pun biasanya tidak terlalu parah, namun memang akan menimbulkan nyeri. Anda dapat mengurangi gejalanya dengan mengompres area kulit yang habis divaksinasi dengan handuk hangat.

Kelelahan

Kelelahan merupakan efek samping vaksin Covid 19 yang paling sering dikeluhkan banyak orang. Selang 1 jam setelah divaksinasi, seseorang bias sangat mengalami kelelahan. Rasa lelah tersebut bias terus berlanjut seharian dan kembali ada esok harinya. Anda hanya butuh istirahat untuk memastikan efek samping vaksin Covid 19 ini tidak menimbulkan gejala yang lebih mengkhawatirkan.

Mengantuk

Penerima vaksin Covid 19 bisa menjadi pribadi yang tiba-tiba mudah tidur di mana saja. Ini karena efek samping vaksin Covid 19 yang umum terjadi lainnya adalah rasa mengantuk yang luar biasa. Banyak pengakuan di mana penerima vaksin merasa ingin tidur terus setelah divaksin. Kondisi mengantuk yang luar biasa ini sangat berhubungan dengan rasa lelah yang juga menjadi efek samping vaksin Covid 19 yang umum terjadi.

Sakit Kepala

Sakit kepala juga menjadi kejadian ikutan pasca imunisasi yang sering dikeluhkan oleh para penerima vaksin Covid 19. Lembaga kesehatan dunia, World Health Organization pun telah menyatakan sakit kepala merupakan bagian efek samping vaksin Covid 19. Namun, gejala ini tidak terlalu mengkhawatirkan dan bias sembuh dengan sendirinya.

Demam Ringan

Pemasukan virus yang sudah dilemahkan ke dalam tubuh bukannya tidak akan berdampak apa-apa. Bagaimanapun, tubuh akan meresponsnya sebagai masuknya virus dan harus ada pembentukan antibodi. Karena alas an inilah, sangat mungkin penerima vaksin Covid 19 akan merasakan efek samping berupa demam untuk beberapa hari. Demam tersebut biasanya hanya bersifat demam ringan yang suhunya tidak mencapai 38 derajat Celsius. Demam yang menjadi efek samping vaksin Covid 19 biasanya juga disertai dengan perasaan panas dingin pada tubuh.

Mual

Efek samping vaksin Covid 19 yang lainnya berhubungan dengan pencernaan. Bagi beberapa orang yang kurang cocok dengan pemasukan virus yang dilemahkan ini, ia akan mengalami rasa mual untuk beberapa hari. Namun, efek samping vaksin Covid 19 ini biasanya juga akan mereda dengan sendirinya.

Nyeri otot

Sangat mungkin terjadi Anda mengalami efek samping vaksin Covid 19 yang satu ini. Nyeri otot tidak hanya dirasakan di bagian tempat Anda divaksinasi. Nyeri otot juga bias menyebar selang beberapa saat setelah vaksinasi. Namun wajarnya, penyebaran nyeri otot tidak disertai dengan kemerahan atau pembengkakan.

***

Jangan lupa terus memantau efek samping vaksin Covid 19 lewat survei di laman SehatQ. Semua efek samping vaksin seharusnya bersifat sementara dan bias hilang tidak sampai seminggu dari waktu vaksinasi. Jika efek samping terus berlanjut, cobalah memberitahukan kondisi Anda kepada dokter atau petugas kesehatan yang memberikan vaksin tersebut.

Berharap Kekebalan Komunal Terbentuk dengan Vaksin, Jokowi: Covid-19 Datang Bisa Mental

Halaman: 
Penulis : Iskandar