logo


AS Bakal Depak India Keluar dari The QUAD Jika Nekat Beli Sistem Pertahanan Rusia

Seorang anggota Parlemen India memberikan peringatan agar PM Narendra Modi tidak melanjutkan proses pembelian sistem pertahanan udara S-400 dari Rusia

25 Maret 2021 15:45 WIB

PM India Narendra Modi
PM India Narendra Modi Business Today

NEW DELHI, JITUNEWS.COM - Salah satu anggota senior parlemen India, Subramanian Swarmy, memperingatkan bahwa AS bisa mendepak India keluar dari aliansi keamanan the Quad yang beranggotakan India, AS, Jepang dan Australia, jika Perdana Menteri Narendra Modi melanjutkan proses pembelian sistem pertahanan Rusia, S-400.

"Pembelian S-400 oleh India dari Rusia akan membuat AS mengusir keluar India dari QUAD," tulis Swarmy dalam postingan Twitternya.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Amerika Serikat Austin Lloyd sudah meminta India untuk tidak membeli alutsista buatan Rusia tersebut. Ia mengatakan bahwa Washington tak segan menjatuhkan sanksi terhadap New Delhi jika mereka nekat melanjutkan proses pembelian S-400 tersebut.


Emmanuel Macron Tuding Turki Bakal Intervensi Pilpres Perancis 2022

"Kami tentu saja meminta semua negara sahabat dan aliansi, untuk menjauhi peralatan buatan Rusia....dan menghindari semua bentuk tudingan yang hanya akan memicu adanya sanksi dari kami," kata kepala Pentagon tersebut dalam sebuah konferensi pers di New Delhi, usai bertemu dengan sejumlah pejabat pemerintah India, dikutip Reuters.

India sendiri dijadwalkan akan menerima pengiriman pertama sistem pertahanan udara buatan Rusia tersebut pada akhir tahun ini.

Selain Rusia, hanya China dan Turki yang sejauh ini memiliki sistem pertahanan udara S-400.

Dinilai Tak Efektif Tekan Tindak Kejahatan, Virginia Hapus Hukuman Mati

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia