logo


PPATK Selesai Menganalisis 92 Rekening FPI, Pemblokiran Segera Dibuka?

Kepala PPTK mengatakan bahwa pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk membuka blokir 92 rekening tersebut

24 Maret 2021 16:15 WIB

Kepala PPATK Dian Ediana Rae
Kepala PPATK Dian Ediana Rae istemewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Dian Ediana Rae mengatakan bahwa pihaknya telah selesai menganalisis terkait 92 rekening FPI yang diblokir.

Ia mengatakan bahwa pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk membuka blokir 92 rekening tersebut

"Kita hanya melihat fakta-fakta saja, karena analisis transaksi keuangan menariknya begini, hanya betul-betul melihat fakta-fakta pergerakan dana itu ke mana, dari mana datangnya, keluarnya ke mana, itu saja dipastikan. Mengenai masalah apakah uang itu benar-benar dipakai untuk sesuatu yang melanggar hukum atau tidak itu bukan kewenangan PPATK," kata Dian kepada wartawan usai rapat dengar pendapat, di kompleks DPR/MPR, Rabu (24/3/2021).


Rizieq Shihab Tolak Sidang Virtual, Teddy Gusnaidi Siap Turun Tangan

Dian pun mengatakan bahwa piihaknya saat ini sudah menyerahkan 92 rekening tersebut kepada Bareskrim Polri untuk menentukan apakah rekening tersebut melanggar hukum atau tidak.

"Itu sebabnya kalau sudah berakhir dari kita, itu kita serahkan seluruhnya ini kepada pihak kepolisian, mereka yang menentukan apakah akan diblokir terus, atau dilepas, atau dilakukan penyidikan atau penyelidikan lain itu tergantung kebutuhan aparat penegak hukum. Kalau kita kan tidak boleh memanggil orang diklarifikasi dan lain sebagainya," ucapnya.

Jaksa Sidang Rizieq Shihab Interupsi, Munarman Bentak Begini

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati