logo


Tegaskan Penggantian Jhoni Allen Tidak Bisa Cepat, Pimpinan DPR: Ada Proses Administrasi Lintas Lembaga

Dasco mengaku belum memeriksa secara detail mekanisme penggantian Jhoni Allen Marbun

24 Maret 2021 15:00 WIB

Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad
Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad menegaskan bahwa proses penggantian Jhoni Allen Marbun dari anggota DPR tidak bisa dilakukan dalam waktu cepat. Ia mengatakan ada serangkain proses adminstrasi lintas instansi hingga sampai ke Presiden Joko Widodo.

"Proses PAW itu kan tidak hanya ada di DPR. Begitu surat masuk, mesti dilakukan lintas administrasi, baik dari KPU, dari Mensesneg, dari Presiden dan kemudian kembali lagi ke DPR, itu biasanya tidak bisa dalam waktu cepat," kata Dasco kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Rabu (24/3/2021).

Dasco mengaku belum memeriksa secara detail mekanisme penggantian Jhoni Allen Marbun. Namun ia mengatakan bahwa pihaknya sudah menerima surat resmi dari Partai Demokrat terkait pemberhentian Jhoni Allen Marbun.


Partai Demokrat: Penyelenggara KLB Abal-abal Alami Ketakutan yang Luar Biasa

"Yang saya tahu memang Fraksi Demokrat sudah memasukkan proses tersebut," pungkasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Marwan Cik Asan mengatakan bahwa pihaknya sampai saat ini belum melantik pengganti Jhoni Allen Marbun dari anggota DPR RI karena berbagai alasan. Salah satunya yaitu terkendala dengan status Jhoni Allen yang saat ini tengah menggugat proses pemecatannya dari Partai Demokrat di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

"Nah tapi kemungkinan sesuatu masih tertahan di pimpinan karena kan Jhoni Allen sedang menggugat di pengadilan, karena di UU MD3, saya lupa pasal berapa kalau ada gugatan maka surat itu tidak diteruskan dulu sampai ada keputusan inkracht," kata Marwan kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa (23/3).

Politikus Demokrat Sebut Marzuki Alie Bukan Siapa-siapa Tanpa SBY dan Partai Demokrat

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati
 
×
×