logo


Omega-3, Solusi Tepat Untuk Anda yang Ingin Berhenti Merokok

Kekurangan omega-3 dapat menyebabkan kerusakan struktur selular sel saraf

29 April 2015 11:58 WIB

Ilustrasi Suplemen Omega-3
Ilustrasi Suplemen Omega-3

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Suplemen omega-3 ternyata tidak hanya memberikan manfaat bagi kesehatan otak, namun juga mampu membantu seseorang untuk berhenti merokok. Hal tersebutlah yang diungkapkan oleh Dr. Sharon Rabinovits Shenkar, seorang ahli dari Universitas Haifa Israel.

Dalam peneliatiannya tersebut, ia mengungkapkan bahwa kronis asap rokok merupakan penyebab utama disfungsi paru-paru, disfungsi kardiovaskular, kanker, dan kekurangan  asam lemak penting di otak, terutama omega-3. Kekurangan omega-3 dapat menyebabkan kerusakan struktur selular sel saraf dan mengganggu neurotransmisi di daerah otak yang mengatur rasa senang dan puas.

Daerah otak ini sangat penting dalam penghargaan dan pengambilan keputusan, proses perkembangan, pemeliharaan kecanduan dan ketidakmampuan untuk berhenti merokok. Singkatnya, kekurangan omega-3 membuat tubuh si perokok makin sulit membendung keinginan untuk rokok lagi.


Teruslah Merokok! Maka Inilah yang Akan Terjadi Pada Wajahmu

Peneliti melibatkan sebanyak 48 orang perokok berusia 18-45 tahun. Mereka ini bisa menghabiskan 10-14 buah rokok dalam sehari, dalam setahun belakangan. Para partisipan ini lalu dibagi menjadi dua kelompok: Satu kelompok menerima kapsul omega-3, sementara kelompok kedua menerima plasebo.

Peneliti lalu meminta mereka mengonsumsi lima kapsul sehari selama tiga puluh hari. Pada tahap mereka juga diminta untuk berhenti merokok.Setelah tiga puluh hari, keinginan mereka untuk merokok tidak sebanyak seperti pada masa awal penelitian, bahkan setelah satu bulan pemberian suplemen dihentikan.

Sementara itu, kelompok yang menerima plasebo tidak menunjukkan perubahan yang signifikan pada tingkat keinginan mereka atau dalam jumlah rokok mereka merokok per hari dalam masa enam puluh hari. Dia mengatakan, penelitian lebih lanjut akan menunjukkan apakah suplemen ini juga efektif dalam menghentikan merokok. Demikian seperti dilansir siaran publik Universitas Haifa.

Tak Pernah Melakukan Kegiatan Ini, Bahayanya Sama Seperti Pecandu Rokok

Halaman: 
Penulis : Suciati, Hasballah