logo


Stok Melimpah, Khofifah Tolak Beras Impor Masuk Jatim

Tim satgas pangan sedang keliling untuk menyerap padi dan beras produksi panen.

23 Maret 2021 07:00 WIB

istimewa

SURABAYA, JITUNEWS.COM - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menegaskan wilayah yang dipimpinnya tak memerlukan beras impor. Dia menyebut kondisi stok beras cukup dan aman hingga akhir Mei 2021.

“Bahkan sekarang sedang surplus sehingga tidak ada kebutuhan Jatim untuk suplai beras impor,” kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, dilansir dari Antara, Senin (22/3).

Sesuai data Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur, Jatim mengalami surplus beras lantaran sampai semester satu luas panen dihitung asumsi hingga April sebesar 974.189 hektare dengan asumsi produksi beras 3.053.994 ton.


Ridwan Kamil Sarankan Beli Beras Jabar Ketimbang Impor, Iwan Fals: Lha Ini Surplus

“Jadi, berdasarkan prediksi dan hitungan kami, di Jatim akan ada surplus 902.401 ton. Dengan jumlah itu, maka Jatim tidak perlu ada suplai beras impor. Stok beras kita sangat melimpah. Bahkan saat ini tim satgas pangan sedang keliling untuk menyerap padi dan beras produksi panen,” jelasnya.

Mantan Menteri Sosial itu menerangkan angka ketersediaan beras di atas masih belum dihitung tambahan luas panen Mei dan Juni, dengan luas lahan 295.118 hektare dan produksi 1.008.779 ton. Alhasil, produksi beras Jawa Timur sampai dengan semester satu adalah 1.911.180 ton.

Soal Wacana Impor Beras 1 Juta Ton, Haikal Hassan: Pesan RI1 pun Dicuekin

Halaman: 
Penulis : Iskandar