logo


Timbulkan Efek Samping, Mayoritas Warga Eropa Yakin Vaksin AstraZeneca Tak Aman Digunakan

Survei yang dilakukan oleh YouGov di sejumlah negara anggota Uni Eropa menyatakan bahwa sebagian besar warga tidak yakin jika vaksin Covid buatan AstraZeneca aman untuk digunakan

22 Maret 2021 16:38 WIB

vaksin Covid-19 AstraZeneca
vaksin Covid-19 AstraZeneca istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tingkat kepercayaan warga negara-negara anggota Uni Eropa mengenai efektivitas dan keamanan vaksin Covid-19 AstraZeneca mengalami penurunan, usai Denmark dan Norwegia melaporkan sejumlah warga mereka mengalami efek samping setelah mendapatkan suntikan vaksin tersebut.

Dilansir dari Reuters, lembaga survei YouGov menyatakan bahwa warga Eropa sudah mulai ragu terhadap efektivitas vaksin AstraZeneca sejak akhir Februari lalu, dimana keraguan mereka semakin meningkat usai vaksin tersebut menyebabkan efek samping berupa penggumpalan darah atau perdarahan pada sejumlah orang.

Akibat ditemukannya efek samping itu, belasan negara anggota Uni Eropa terpaksa menunda pendistribusian vaksin Covid-19 hasil pengembangan AstraZeneca bekerja sama dengan Universitas Oxford tersebut.


Tahun Lalu Kekeringan, Kota Sydney Sekarang Kebanjiran dan Ribuan Warga Dievakuasi

Menurut hasil survei YouGov, sebagian besar dari 8 ribu orang di tujuh negara diantaranya Perancis, Jerman, Spanyol dan Italia tidak lagi meyakini jika vaksin buatan AstraZeneca tersebut aman digunakan dalam program vaksinasi Covid-19.

55% warga Jerman meyakini jika vaksin tersebut tidak aman untuk digunakan, sementara hanya sekitar 30 persen sisanya yang masih mempercayai tingkat keamanan vaksin tersebut. Di Perancis, bahkan 61 persen warga meyakini jika vaksin AstraZeneca tersebut bukanlah vaksin yang aman.

Di Italia dan Spanyol, meski sebagian besar responden di kedua negara tersebut, yakni 54% dan 59%, masih yakin jika vaksin tersebut aman digunakan, namun jumlah tersebut jauh lebih sedikit daripada survei sebelumnya.

Arab Saudi Tingkatkan Intensitas Serangan Udara ke Yaman

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia