logo


Arab Saudi Tingkatkan Intensitas Serangan Udara ke Yaman

Intensitas serangan udara yang dilakukan oleh pasukan koalisi Arab Saudi di wilayah Yaman semakin meningkat

22 Maret 2021 15:52 WIB

Ilustrasi Serangan Udara
Ilustrasi Serangan Udara istimewa

RIYADH, JITUNEWS.COM - Pasukan koalisi Arab Saudi dilaporkan terus meningkatkan intensitas serangan udara mereka ke sejumlah wilayah Yaman, dimana serangan tersebut mengincar sejumlah fasilitas milik kelompok bersenjata Houthi, ibukota Sanaa dan pelabuhan Salif yang terletak di pesisir Laut Merah.

Pihak PBB mengatakan bahwa serangan-serangan udara tersebut juga menghancurkan sebuah gudang dan fasilitas milik perusahaan produsen makanan yang berada di pelabuhan Salif.

"Otoritas lokal dan manajemen perusahaan menyatakan bahwa enam orang pekerja yang terluka sudah dibawa ke sejumlah fasilitas rumah sakit untuk mendapatkan perawatan," kata UNMHA, salah satu lembaga dibawah naungan PBB pada Senin (22/3), dikutip Reuters.


Hanya Warga Jepang yang Diijinkan Nonton Olimpiade Tokyo

Menurut perjanjian Stockholm yang disepakati oleh pihak pemerintah Yaman dengan Houthi pada 2018 lalu, pelabuhan Salif adalah zona netral dimana kedua pihak yang terlibat konflik tidak diijinkan untuk melakukan serangan ke fasilitas tersebut.

Kelompok Houthi menyebut jika serangan pasukan koalisi terhadap sejumlah fasilitas di pelabuhan tersebut merupakan "peperangan terhadap rakyat Yaman".

Untuk diketahui, pasukan koalisi yang dipimpin oleh Arab Saudi sudah ikut terlibat di dalam perang saudara Yaman pada 2015 lalu. Mereka berupaya mengembalikan pemerintahan Presiden Abd Rabbu Mansur Hadi yang diambil alih oleh kelompok Houthi pada 2014.

Konflik yang berlangsung selama lebih dari enam tahun tersebut telah menewaskan ribuan warga dan membuat jutaan lainnya diambang bencana kelaparan.

Tahun Lalu Kekeringan, Kota Sydney Sekarang Kebanjiran dan Ribuan Warga Dievakuasi

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×