logo


Menhan AS Desak India Batalkan Rencana Pembelian Alutsista dari Rusia

Amerika Serikat tak akan segan menjatuhkan sanksi kepada negara aliansi mereka yang nekat melakukan pembelian sistem pertahanan ataupun persenjataan dari Rusia

21 Maret 2021 14:00 WIB

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin
Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin reuters

NEW DELHI, JITUNEWS.COM - Menteri Pertahanan AS Austin Lloyd meminta pemerintah India untuk membatalkan rencana mereka membeli sistem pertahanan udara buatan Rusia, S-400, dan mengancam akan menjatuhkan sanksi jika permintaan tersebut tidak dipenuhi.

"Kami tentu saja meminta semua negara sahabat dan aliansi, untuk menjauhi peralatan buatan Rusia....dan menghindari semua bentuk tudingan yang hanya akan memicu adanya sanksi dari kami," kata kepala Pentagon tersebut dalam sebuah konferensi pers di New Delhi, usai bertemu dengan sejumlah pejabat pemerintah India, dikutip Reuters.

Pemerintah India sendiri diketahui sudah memberikan uang muka kepada Rusia senilai $800 juta pada 2019 lalu untuk membeli sistem pertahanan S-400, dimana pengiriman pertama sejumlah komponen alutsista tersebut akan dilakukan pada tahun ini.


Situasi Wabah Covid-19 Memburuk, Perancis Lockdown Lagi

Rencana pembelian peralatan tempur dari Rusia tersebut tentu saja membuat AS khawatir mengingat mereka adalah penyuplai peralatan tempur terbesar bagi India. India sendiri belakangan ini juga sudah membahas mengenai rencana mereka membeli drone militer dari AS dan ratusan unit pesawat tempur untuk mengimbangi kekuatan tempur China.

Hubungan dengan AS semakin dekat usai India terlibat konflik perbatasan di dataran tinggi Ladakh, kawasan pegunungan Himalaya, dengan China pada tahun lalu.

Sementara itu, Amerika Serikat diketahui sudah menjatuhkan sanksi terhadap Turki, yang juga merupakan salah satu aliansi mereka, karena tetap melakukan pembelian alutsista buatan Rusia tersebut meski sudah diperingatkan oleh AS.

Perusahaan Austria Minta AS Tak Ancam Proyek Nord Stream 2

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×