logo


Tanggapi Konflik Lahan Warga Pancoran-Pertamina, Wagub DKI: Kita Carikan Solusi Terbaik

Riza mengatakan bahwa Pemprov DKI bersama Kota Madya Jakarta Selatan akan terus melakukan mediasi terhadap kedua belah pihak

19 Maret 2021 07:00 WIB

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria turut menanggapi konflik lahan antara warga Gang Buntu II, Pancoran, Jakarta Selatan dengan PT Pertamina Training and Consulting (PTC). Ia mengatakan bahwa pihaknya akan mencari solusi terbaik untuk menyelesaikan sengketa tersebut.

"Itu memang merupakan kawasan tanah milik Pertamina. Pertamina ingin memanfaatkan namun masyarakat sudah tinggal lama di sana berpuluh tahun. Kita carikan solusi terbaiknya" kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (18/3/2021).

Riza mengatakan bahwa pihaknya menghormati sikap Pertamina yang secara hukum memiliki lahan tersebut. Namun pihaknya tidak ingin mengesampingkan rasa kemanusiaan terhadap warga Pancoran yang sudah berpuluh-puluh tahun tinggal di lahan tersebut.


Jawab Ketua DPRD, Wagub Tanggapi Keterlibatan Anies dalam Kasus Lahan DP Rp 0

"Mari kita carikan solusi bersama agar Pertamina mendapatkan tempat tersebut untuk kepentingan masyarakat banyak juga, dan masyarakat yang sudah tinggal berpuluh tahun juga mendapatkan solusi tempat tinggal yang baru. Kita carikan bersama-sama," ujarnya.

Lebih lanjut, Riza mengatakan bahwa pihaknya bersama Kota Madya Jakarta Selatan akan terus melakukan mediasi terhadap kedua belah pihak sehingga konflik bisa segera terselesaikam.

"Pemprov DKI melalui Kota Madya Jakarta Selatan sedang berupaya terus untuk melaksanakan mediasi. Harapan kita aparat hadir untuk memastikan semua tertib tidak ada kekerasan di sana," pungkasnya.

Diketahui, PT Pertamina melakukan penggusuran di lahan di Gang Buntu II, Pancoran, Jakarta Selatan. Pertamina mengatakan bahwa pihaknya bisa membuktikan secara hukum bahwa lahan tersebut milik mereka.

Sementara itu, warga Gang Buntu II Pancoran mengaku tidak terima dengan aktivitas penggusuran yang dilakukan Pertamina. Pasalnya warga sudah berpuluh-puluh tahun tinggal di lokasi tersebut. Mereka pun mengadukan aktivitas penggusuran kepada Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta.

 

Kenaikan Batas Gaji Pemilik Rumah DP Rp 0 Jadi Polemik, Wagub DKI: Kami Menyesuaikan Pusat

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati