logo


Sudah Akur, Erdogan Bilang Arab Saudi Ingin Beli Drone Tempur Turki

Rencana pembelian tersebut bisa menjadi tanda bahwa hubungan bilateral kedua negara sudah membaik

17 Maret 2021 10:30 WIB

Raja Salman dan Presiden Erdogan
Raja Salman dan Presiden Erdogan istimewa

ISTANBUL, JITUNEWS.COM - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Selasa (16/3) mengatakan bahwa pemerintah Arab Saudi berminat membeli drone militer dari Turki, dimana hal tersebut dapat menjadi tanda bahwa hubungan bilateral kedua negara sudah mencair dan membaik.

Seperti diketahui, hubungan Ankara dan Riyadh telah berada dalam situasi ketegangan sejak terbunuhnya jurnalis Jamal Khashoggi di kantor konsulat jenderal Arab Saudi yang ada di Istanbul pada 2018 lalu.

Dalam sebuah konferensi pers, Erdogan juga menyampaikan kekesalannya atas keputusan Arab Saudi menggelar latihan militer dengan Yunani, yang merupakan musuh bebuyutan Turki.


AS Segera Jatuhkan Sanksi terhadap Rusia Pekan Depan

"Saudi Arabia sedang menggelar latihan militer gabungan dengan Yunani," kata Erdogan, dikutip Al Jazeera.

"Tapi, di waktu bersamaan, Saudi Arabia meminta drone bersenjata kita. Kami berharap dapat menyelesaikan isu ini dengan tenang tanpa menimbulkan situasi yang memanas," tambahnya.

Turki diketahui telah menjadi salah satu produsen drone tempur terbaik di dunia, dimana sejumlah drone buatannya telah berhasil membantu Azerbaijan memenangkan konflik dengan Armenia di wilayah Nagorno-Karabakh pada tahun 2020 lalu.

Drone militer Turki juga diketahui terlibat dalam sejumlah konflik, seperti di Suriah dan Libya.

Meski demikian, ada banyak pihak yang khawatir dengan rencana pembelian drone tempur tersebut mengingat Arab Saudi sedang terlibat dalam konflik Yaman, yang memicu negara-negara barat meng-embargo penjualan senjata kepada Riyadh.

 

Situasi Covid di AS Sudah Lebih Baik, Fauci Minta Warga Tetap Waspada

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×