logo


Situasi Covid di AS Sudah Lebih Baik, Fauci Minta Warga Tetap Waspada

Pakar kesehatan AS meminta warga untuk tetap waspada meski jumlah penambahan kasus infeksi per hari sudah turun

17 Maret 2021 09:54 WIB

Dr. Anthony Fauci
Dr. Anthony Fauci istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Salah satu pakar kesehatan terkemuka Amerika Serikat Dr Anthony Fauci meminta masyarakat untuk tidak merasa telah memenangkan pertarungan melawan Covid-19, mengingat virus tersebut saat ini masih menjadi ancaman serius.

Dalam sebuah wawancara dengan MSNBC pada Selasa (16/3), Fauci mengatakan bahwa angka penambahan kasus Covid-19 harian di AS masih berkisar antara 45 hingga 60 ribu kasus dimana hal tersebut menunjukkan bahwa situasi di AS masih cukup riskan.

Data terbaru yang dirilis oleh Universitas Johns Hopkins menyatakan bahwa AS melaporkan 57 ribu kasus tambahan pada Selasa (16/3). Sejumlah negara bagian yang melaporkan adanya peningkatan kasus diantaranya New York, Alabama, Texas, Michigan dan Carolina Utara.


Fatwa MUI: Vaksinasi Covid-19 Bisa Diberlakukan Saat Ramadhan

Fauci mengatakan bahwa situasi yang saat ini terjadi di AS "jauh lebih baik" daripada pada akhir tahun 2020 dimana angka penambahan kasus harian mencapai ratusan ribu per hari. Meski demikian, Fauci menegaskan bahwa penambahan kasus Covid-19 di AS "masih sangat tinggi".

"Kita harus sangat waspada untuk tidak mengklaim kemenangan dan berhenti menerapkan semua protokol kesehatan, yang kita tahu (protokol tersebut) telah berhasil mencegah peningkatan kasus infeksi," kata Fauci.

Dia juga menyebut bahwa situsi serupa juga telah terjadi di daratan Eropa, dimana sejumlah pemerintah lalai dalam bertindak yang menyebabkan terjadinya lonjakan infeksi Covid-19.

"Kami ingin memastikan itu tidak terjadi di sini di Amerika Serikat," tambahnya.

AS Segera Jatuhkan Sanksi terhadap Rusia Pekan Depan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia