logo


Pusat Perkulakan Humbahas Dibangun, DPR: Hasil Komoditas Hortikultura Akan Terjaga

Kementerian Perdagangan digandeng guna membangun pusat perkulakan atau pusat grosir di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara.

15 Maret 2021 11:07 WIB

Pertanian
Pertanian Kementan

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Anggota Komisi IV DPR RI, Lamhot Sinaga mengandeng Kementerian Perdagangan guna membangun pusat perkulakan atau pusat grosir di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara.

Dia menilai pembangunan pasar resi gudang yang dikombinasi dengan perkulakan akan menampung hasil komoditas pertanian dan kualitas komoditi terkontrol oleh sistim resi gudang.

“Dengan sistem itu, hasil komoditas hortikultura akan terjaga, baik dari segi kualitas maupun harga. Karena pada saat harga turun bisa disimpan, ketika harga bagus akan dilempar ke pasar. Artinya, petani untung kalau sistim berjalan baik," ujarnya di Jakarta, Minggu (14/3/2021).


Ridwan Kamil: Jangan Ngantor di Jakarta Lagi, Ngantornya di Jabar Saja Jauh dari Penyakit

Pembanguan pusat perkulakan itu juga ditujukan sebagai dukungan terhadap para petani, agar produk hasil pertaniannya terintegrasi dengan hasil food estate.

"Kalau mau sukses, sistem pola tanam dengan pasca panen harus terintegrasi dengan hasil food estate. Kebetulan kita membidangi perekonomian, saya bawa Kementerian Perdagangan untuk membangun pusat pasar perkulakan," kata Dia.

Lamhot berharap hasil komoditas hortikultura akan terjaga, baik dari segi kualitas maupun harga melalui pembangunan pusat perkulakan yang dilengkapi dengan fasilitas pasar dan resi gudang.

Sebut Lahan Pertanian Berubah Jadi Real Estate, Prabowo: Apakah Kita Bisa Makan Beton?

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar