logo


Gubernur New York Diminta Mundur, Begini Respons Gedung Putih

Juru bicara pemerintah AS mengatakan bahwa Presiden Joe Biden tidak mendukung permintaan sejumlah tokoh politik yang meminta Gubernur New York untuk segera resign usai terlibat kasus pelecehan seksual

14 Maret 2021 14:27 WIB

Juru bicara Gedung Putih, Jens Psaki
Juru bicara Gedung Putih, Jens Psaki business insider

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Juru bicara Gedung Putih Jen Psaki mengatakan bahwa Presiden Joe Biden menyatakan dukungannya kepada enam wanita yang mengaku sudah menjadi korban pelecehan seksual Gubernur New York Andrew Cuomo, dan pihak pemerintah saat ini sedang menunggu hasil investigasi yang dilakukan oleh Jaksa Agung New York Letitia James.

"Presiden (Joe Biden) meyakini bahwa semua wanita yang muncul, yang kini sudah berjumlah enam orang, berhak menyuarakan pendapatnya, dan seharusnya diperlakukan dengan penuh hormat dan diijinkan untuk menyampaikan ceritanya," kata Psaki dalam jumpa pers pada Jumat (12/3).

Ia juga menjelaskan bahwa pemerintah pusat sejauh ini belum mengeluarkan dukungan mereka atas sejumlah anggota parlemen New York, termasuk walikota, yang mendesak agar Gubernur Cuomo segera mengundurkan diri.


Soal Pembelian Sistem Rudal S-400, Rusia Yakin Turki Tak Akan Tunduk kepada AS

"Presiden dan gugus tugas penanganan COvid-19 bekerja dengan semua gubernur di seluruh negeri, termasuk Gubernur Coumo, untuk mengimplementasi rencana (penanganan pandemi), dan kami akan melanjutkannya," tambah Psaki.

Sebelumnya, sejumlah anggota parlemen New York, baik dari Partai Demokrat maupun Republikan, dan Walikota Bill de Blasio, mendesak Andrew Cuomo untuk segera mengundurkan diri usai tersandung kasus pelecehan seksual terhadap sejumlah wanita.

Sementara itu, Andrew Cuomo sejauh ini masih membantah tuduhan tersebut dan menolak untuk mengundurkan diri.

"Saya dipilih oleh masyarakat negara bagian ini. Saya tidak dipilih oleh para tokoh politik," kata Cuomo, dikutip The New York Post.

"Saya tidak akan resign hanya karena tuduhan semacam ini," ujarnya.

"Biarkan jaksa agung melakukan investigasi...jaksa agung dapat menanganinya," tambah Cuomo.

Dubes Myanmar Minta Komunitas Internasional Tingkatkan Tekanan terhadap Rezim Militer

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia