logo


Pesawat Susi Air Disandera KKB Papua, Ini Penyebabnya

Pesawat milik Susi Air jenis Pilatus PC-6 S1-9364 PK BVY disandera oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB)

13 Maret 2021 14:30 WIB

Pesawat Susi Air.
Pesawat Susi Air. Istimewa

JAYAPURA, JITUNEWS.COM - Pesawat milik Susi Air jenis Pilatus PC-6 S1-9364 PK BVY disandera oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Lapangan Terbang Wangbe, Distrik Wangbe Kabupaten Puncak, Papua.

TNI mengatakan bahwa hal itu cipicu oleh rasa kecewa karena tidak diberi dana desa oleh kepala kampung setempat.

"KSB (kelompok sipil bersenjata-sebutan KKB versi TNI) sempat mengancam agar pesawat maskapai Susi Air dilarang membawa penumpang aparat TNI/Polri dan KSB juga menyampaikan kekecewaannya dengan kepala kampung karena tidak memberikan dana desa," ujar Kepala Penerangan Kogabwilhan III, Kolonel Czi IGN Suriastawa kepada wartawan, Jumat (12/3).


Enam Kali Kontak Tembak dengan TNI-Polri, KKB Juga Lakukan Kekerasan dan Teror Kepada Warga Sipil

Suriastawa mengatakan bahwa KKB berpesan ke pilot pesawat, Captain Ian John Terrence Hellyer, Susi Air dilarang membawa aparat TNI/Polri dan supaya dana desa diberikan kepada mereka.

Pesawat perintis yang terbang dari Timika ke Lapangan Terbang Wangbe itu membawa tiga penumpang, yaitu Ricky Dolame, Arikala Dolame, dan Arike Wandikbo.

Selama disandera oleh 30 orang KKB pilot dan tiga penumpang tidak mengalami tindak kekerasan. Mereka disandera selama dua jam, sekitar pukul 06.20 WIT.

Desak Jokowi Bekukan UU Otsus Papua, Natalius Pigai Sebut Tak Relevan dengan Era Modern

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata