logo


Gubernur New York Terlibat Kasus Pelecehan Seksual, Walikota: Saya Merasa Jijik

Walikota New York mememinta Andrew Cuomo untuk segera resign usai terlibat kasus pelecehan seksual

12 Maret 2021 18:00 WIB

Gubernur New York Andrew Cuomo
Gubernur New York Andrew Cuomo newsparliament.com

NEW YORK, JITUNEWS.COM - Walikota New York, Bill de Blasio pada Kamis (11/3) mendesak Gubernur Negara Bagian New York Andrew Cuomo untuk segera mengundurkan diri dari jabatannya usai dituding melakukan tindak pelecehan seksual terhadap enam wanita mantan pegawainya.

"Tuduhan spesifik bahwa gubernur memanggil seorang pegawainya untuk datang ke tempat pribadi dan menyerangnya secara seksual, sangat tidak dapat diterima," kata de Blasio kepada para wartawan, dikutip Reuters.

"Hal itu membuat saya merasa jijik dan ia (Cuomo) tidak lagi dapat menjabat sebagai gubernur," tambahnya.


Korea Selatan Hentikan Kerja Sama Militer dengan Myanmar

Sebelumnya, sejumlah anggota parlemen New York juga telah meminta Cuomo untuk mengundurkan diri. Ketua Senat Mayoritas New York Andrea Stewart-Cousins menilai kasus pelecehan seksual tersebut telah mengganggu jalannya roda pemerintahan New York.

"New York saat ini masih di tengah situasi pandemi dan masih menghadapi dampak buruk dalam bidang sosial, perekonomian dan ekonomi. Kita perlu menjalankan pemerintahan tanpa adanya gangguan. Demi kebaikan negara bagian, Gubernur Cuomo harus segera resign," kata Andrea dalam pernyataan tertulisnya dikutip Al Jazeera.

Sementara itu, Andrew Cuomo menegaskan bahwa dirinya tidak akan mengundurkan diri dari jabatannya meski tersandung kasus pelecehan seksual.

"Saya dipilih oleh masyarakat negara bagian ini. Saya tidak dipilih oleh para tokoh politik," kata Cuomo, dikutip The New York Post.

"Saya tidak akan resign hanya karena tuduhan semacam ini," ujarnya.

"Biarkan jaksa agung melakukan investigasi...jaksa agung dapat menanganinya," tambah Cuomo.

Uni Eropa Bakal Jatuhkan Sanksi terhadap 4 Individu China terkait Pelanggaran HAM Xinjiang

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia