logo


Trump Bandingkan Situasi Perbatasan AS-Meksiko Sekarang dengan Era Pemerintahannya

Donald Trump mengomentari kebijakan imigrasi presiden Joe Biden yang dinilai memicu terjadinya krisis kemanusiaan di perbatasan AS-Meksiko

10 Maret 2021 11:30 WIB

Donald Trump
Donald Trump istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Presiden AS Joe Biden diketahui telah merevisi banyak kebijakan yang dikeluarkan oleh Donald Trump, termasuk melonggarkan keamanan di perbatasan AS-Meksiko. Kebijakan Joe Biden tersebut telah mengundang para pencari suaka dan imigran gelap asal Meksiko untuk menyeberang ke wilayah AS dan membuat pemerintah negara bagian Texas kewalahan.

Meningkatnya aliran imigran di perbatasan AS-Meksiko tersebut juga memicu tanggapan dari Donald Trump.

"Saat saya menjadi presiden, wilayah perbatasan selatan kita sangat bagus, kuat dan lebih aman dari sebelumnya. Kita memberlakukan aturan tangkap dan lepaskan, menghentikan imigran gelap yang mengatas namakan sebagai pencari suaka, para penyelundup, perdagangan narkoba dan praktek human trafficking," kata Trump dalam pernyataan tertulisnya dikutip Sputniknews.


Dituding Lakukan Pelanggaran HAM, Dua Pejabat Iran Dapat Sanksi dari AS

Trump juga menyalahkan keputusan Biden terkait pembangunan tembok AS-Meksiko yang ia anggap sangat efektif untuk memblokir aliran imigran gelap.

Para petugas penjaga perbatasan AS (CBP) belakangan ini diketahui menghadapi gelombang imigran dan pencari suaka asal Amerika Tengah yang secara ilegal berupaya menyeberang masuk ke AS. Fasilitas penahanan yang ada juga telah mencapai batas maksimum usai petugas menangkap lebih dari 70 ribu imigran tersebut setiap bulannya, sejak Oktober 2020 hingga Januari 2021 lalu.

Kebijakan Joe Biden tersebut juga dikecam oleh Gubernur Texas, negara bagian di wilayah perbatasan AS-Meksiko.

"Situasi krisis saat ini terjadi di perbatasan Texas dengan meningkatnya jumlah imigran yang menyeberang ke wilayah perbatasan," kata Gubernur Greg Abbott, dikutip Al Jazeera.

"Krisis ini adalah hasil dari kebijakan pembukaan perbatasan presiden Joe Biden," tambahnya.

"(Kebijakan) ini mengundang para imigran gelap dan menyebabkan krisis kemanusiaan di Texas yang akan menjadi semakin buruk setiap harinya," tukasnya.

Kebijakan Imigrasi Joe Biden Sebabkan Krisis Kemanusiaan di Perbatasan AS-Meksiko

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia