logo


Joe Biden Diminta Jatuhkan Sanksi Tegas terhadap Jalur Pipa Gas Jerman-Rusia

Sejumlah tokoh DPR AS mengaku khawatir jika pernyataan tegas Joe Biden terkait proyek jalur pipa gas Nord Stream 2 tidak diikuti dengan tindakan yang tegas.

9 Maret 2021 18:15 WIB

Proyek Nord Stream 2
Proyek Nord Stream 2 istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Sejumlah tokoh Komisi Urusan Luar Negeri DPR AS mendesak Menteri Luar Negeri Antony Blinken untuk menjatuhkan sejumlah sanksi baru terhadap pihak yang ikut serta dalam proyek jalur pipa gas Rusia-Jerman Nord Stream 2.

Dalam sebuah surat yang ditujukan kepada Blinken pada Senin (8/3), sejumlah anggota DPR dari partai Republikan menyampaikan kekhawatiran mereka jika pernyataan tegas yang dikeluarkan oleh pemerintahan Joe Biden soal sanksi atas Nord Stream 2 tidak diikuti dengan tindakan yang nyata.

Mereka juga menginginkan adanya kejelasan mengenai alasan mengapa banyak entitas yang terlibat di dalam pembangunan mega proyek jalur pipa gas tersebut sejauh ini belum dijatuhi sanksi oleh pemerintahan Joe Biden.


Partai Republikan New York Dukung Upaya Pemakzulan Gubernur Andrew Cuomo

"Kegagalan pemerintahan (Joe Biden) untuk mengidentifikasi dan menjatuhkan sanksi baru merupakan tanda bahwa mereka berniat membiarkan Presiden (Vladimir) Putin untuk meningkatkan upayanya menguasai pasokan gas Eropa dan meningkatkan posisi geopolitiknya," demikian tulis sejumlah anggota DPR AS dalam surat tersebut, dikutip Sputniknews.

Pemerintahan Joe Biden sendiri sejauh ini sudah mengeluarkan dua kebijakan terhadap proyek Nord Stream 2, termasuk dengan mengeluarkan kebijakan Perlindungan Keamanan Energi Eropa yamh membuat perusahaan kapal kontraktor asal Swiss, AllSeas untuk keluar dari proyek tersebut karena adanya ancaman sanksi dari AS.

Presiden Duterte Minta Komunis Pemberontak Filipina Ditembak Mati, Jubir: Itu Legal

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia