logo


Cegah Perang Kartel Narkotik, Pemerintah Meksiko Legalkan Ganja

Pemerintah Meksiko menilai bahwa legalitas ganja dan narkotika dapat membuat negara tersebut aman dari pertikaian antar kartel narkoba.

9 Maret 2021 16:45 WIB

pinterest

MEKSIKO, JITUNEWS.COM - Dua Komisi Khusus pemerintah Meksiko pada Senin (8/3) telah menyetujui (RUU) rancangan undang-undang yang akan digunakan untuk melegalkan pemakaian marijuana atau ganja. RUU tersebut tersebut sudah mereka serahkan ke pihak Kongres yang merupakan langkah awal bagi negara tersebut untuk menjadi salah satu pasar narkotika terbesar di dunia.

RUU yang mendapat dukungan dari pemerintahan Presiden Andres Manuel Lopez Obrador tersebut tentu saja akan menjadi sebuah perubahan besar bagi negara yang selama ini sering menyaksikan tindak kekerasan yang dilakukan oleh sejumlah kartel narkoba. RUU tersebut juga sudah mendapat persetujuan dari komisi hukum dan kesehatan pada akhir tahun 2020 lalu.

Dua narasumber Reuters yang tidak disebut namanya melaporkan bahwa pemerintah Meksiko pada Selasa (8/3) ini rencananya akan melakukan rapat guna membahas mengenai rancangan undang-undang tersebut.


Istri Bill Gates Prediksi Herd Immunity Tercapai Tahun Depan

Jika nantinya disahkan menjadi UU, maka pemerintah Meksiko akan membentuk sebuah lembaga yang khusus menangani upaya pengendalian penggunaan marijuana, dimana lembaga tersebut dapat mengeluarkan sejumlah regulasi mencakup proses pemetikan, pengolahan, penjualan, riset hingga ekspor dan impor ganja.

Menurut RUU tersebut, hanya mereka yang berusia 18 keatas saja yang nantinya diijinkan untuk membawa, menggunakan dan menanam marijuana dan sejenisnya.

Presiden Lopes Obrador menilai melegalkan penggunaan ganja dan narkotik lainnya dapat membuat Meksiko menjadi tempat yang lebih aman dari perang kartel narkoba.

AS Desak Kelompok Houthis Yaman Hentikan Serangan dan Mulai Negosiasi Damai

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia