logo


Menkes Pastikan Vaksin Ampuh Lawan Virus Corona B117

Budi mengatakan bahwa virus B117 sudah ada di Indonesia sejak Januari

9 Maret 2021 15:38 WIB

Budi Gunadi Sadikin
Budi Gunadi Sadikin Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunawan Sadikit mengatakan bahwa vaksin Covid-19 yang tersedia ampuh melawan varian baru SARS-CoV-2 atau virus Corona B117.

"Sekarang apa vaksinnya ampuh untuk menangani virus baru ini? Jawabannya iya, jadi vaksin ini terbukti masih bisa menahan, membangun antibodi untuk melawan virus ini. Harusnya tidak perlu terlalu khawatir," ujar Budi di Lippo Mall Puri, Kembangan, Jakarta Barat, Selasa (9/3).

Budi mengatakan bahwa virus B117 sudah ada di Indonesia sejak Januari. Budi mengatakan virus tersebut baru teridentifikasi sekarang karena terbatasnya alat untuk mendeteksi.


Laporan Investigasi soal Asal Usul Covid-19 Wuhan Akan Dirilis Tengah Bulan Ini

"Nah kenapa baru teridentifikasi sekarang? Karena dulu tahun lalu, untuk bisa mengidentifikasi jenis baru atau mutasi baru itu ada teknik namanya jadi dilihat carrier A sama DNA. Nah di Indonesia ini kurang, tahun lalu selama satu tahun cuma 172-an kita GeNose test virus-virus ini. Sedangkan Inggris aja bisa 10 ribu setahun, kita cuman 172. Menyadari ini, begitu saya lihat Januari Malaysia sudah ada, Singapore udah ada, Philippine udah ada, Australia udah ada, di sekeliling kita udah ada. Nah kok Indonesia belum ada, mungkin kita hebat. Nah hebat aja karena belum ketahuan kan," jelasnya.

"Jadi kemudian kita bikin kerja sama dengan Kemenristek BRIN karena penelitian ini yang punya baru Kemenkes sama Kemenristek BRIN untuk melakukan GeNose test. Jadi kita bikin jaringan lab sebanyak 12 kerjasama dengan international lab. Jadi kalau nggak salah tahun lalu ada 172, dua bulan ini udah ada 200," sambungnya.

Budi meminta masyarakat untuk tidak khawatir dengan adanya mutasi virus corona tersebut.

"Sekarang kita sudah bisa menangani kebetulan kasusnya juga sudah nggak ada. Jadi harap tenang, yang penting jangan lupa jaga jarak, pake masker, cuci tangan," katanya.

Sempat Adu Mulut dengan Pelanggar Prokes, Mensos Risma: Saya Paling Keras Tangani Pandemi

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata