logo


10 Fakta Zoro One Piece

Roronoa Zoro adalah salah satu karakter terkuat dan terpopuler di One Piece

9 Maret 2021 11:11 WIB

1
1
dibaca 484 x

zoro

Roronoa Zoro adalah salah satu karakter terkuat dan terpopuler di One Piece. Dengan tujuan untuk menjadi ahli pedang terkuat di dunia, dia menjadi pilihan sempurna menemani Monkey D. Luffy dalam perjalanannya menjadi Raja Bajak Laut. Selain karakternya yang unik, seperti tidak bisa membaca peta, ada banyak fakta menarik tentang Zoro. Berikut daftar fakta Roronoa Zoro yang sedikit diketahui penggemar One Piece.

1. Namanya terinspirasi dari bajak laut asli


Review One Piece Chapter 961


Kekuatan Zoro ternyata terinspirasi dari seorang bajak laut yang benar-benar ada di dunia nyata. Faktanya, Roronoa Zoro sebenarnya adalah terjemahan bahasa Jepang dari nama keluarga Francois L’Ollonais. Dilahirkan sebagai Jean David Nau dan dikenal sebagai ‘Pemukul dari Spanyol’, L’Ollonais mereror lautan Karibia selama abad ke-17 dan menjadi salah satu bajak laut paling kejam dan menakutkan di masanya.

2. Memiliki dua nama yang berbeda


Salah satu hal yang membingungkan tentang Zoro adalah terkadang ia disebut sebagai ‘Zolo’. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh bunyi ‘L’ dan ‘R’ yang sering tertukar dalam terjemahan bahasa Jepang ke Inggris. Tapi, perubahan nama ini juga dilakukan karena hak cipta. Penamaan ini dilakukan untuk membedakan Zoro dari pendekar pedang Don Diego de La Vega karya Johnston McCulley yang juga dikenal sebagai Zorro.

3. Satu-satunya anggota Topi Jerami yang ingin direkrut Luffy bahkan sebelum bertemu

Sejak awal seri, Luffy disebut akan merekrut 10 anggota sebagai kru bajak laut Topi Jerami. Pada awal perjalanannya, Luffy mengetahui tentang reputasi Zoro yang menakutkan dari Coby. Bukannya merasa takut, Luffy menjadi bersemangat untuk menemukan dan merekrutnya menjadi kru bajak lautnya bahkan sebelum bertemu.

4. Seharusnya menjadi bodyguard Buggy

Zoro adalah salah satu anggota terkuat dari bajak laut Topi Jerami. Tapi faktanya, ternyata Oda pernah berencana untuk menjadikan Zoro salah satu pengawal Buggy the Clown. Bersama pengawal Buggy lainnya, Mohji dan Cabaji, Zoro seharusnya menjadi kakak laki-laki tertua dari dua orang tersebut. Pada akhirnya, Oda memutuskan untuk menjadikannya kru pertama Luffy. Sebuah keputusan yang pastinya disukai oleh penggemar One Piece di seluruh dunia.

5. Karakter terpopuler kedua selama lebih dari satu dekade

Dalam 22 tahun sejak debutnya, One Piece melakukan enam kali polling pemilihan karakter terfavorit. Dari polling pertama hingga keempat, Zoro selalu mendapatkan peringkat kedua setelah Luffy. Dalam polling kelima pada 2014, Zoro kalah dari Trafalgar Law. Tapi pada poling keenam 2016 lalu Zoro kembali menjadi karakter terfavorit kedua dengan lebih dari 10.400 suara.

6. Tidak pernah menyebut Sanji dengan nama aslinya

Sebagai pendekar pedang, Zoro tidak melupakan perasaan saling menghormati dengan orang lain, kecuali mungkin terhadap Vinsmoke Sanji. Sejak pertama kali bertemu, keduanya sudah saling bertengkar, bahkan untuk hal-hal yang remeh. Fakta menarik tentang persaingan mereka adalah Zoro tidak pernah menyebut nama ‘Sanji’ dalam versi manga aslinya.

7. Menjadi karakter dengan pengisi suara terbanyak dalam bahasa Inggris


Ketika versi animasi diterjemahkan ke bahasa Inggris, Zoro sering mendapatkan perubahan pengisi suara. Ketika anak-anak, dia disuarakan oleh empat orang yang berbeda. Untuk 4Kids, Zoro disuarakan oleh Andrew Rannells. Sedangkan di Funimation, dia disuarakan oleh Brina Palencia dan Cynthia Cranz yang menjadi pengisi suara di episode kedua.

Arron Dismuke turut menyuarakan Zoro dalam versi video game Unlimited Adventure. Setelah dewasa, dia disuarakan oleh Brian Zimmerman untuk Odex, Marc Diraison untuk 4Kids, dan akhirnya Christopher R. Sabat untuk dubbing versi Funimation.

8. Memiliki masalah desain setelah Time Skip

Sejak pertama kali muncul pada 1997, penampilan Zoro telah mengalami beberapa perubahan. Tapi ternyata, Zoro pernah mendapatkan kesalahan desain sesekali. Dalam chapter 598, bekas luka yang diterimanya setelah Time Skip muncul di atas mata kanannya. Dan dalam chapter 698, bekas luka diagonal di badannya berganti menjadi bekas luka bakar berbentuk X milik Luffy. Kesalahan ini kemudian diperbaiki dalam volume 70 manganya.

9. Orang pertama yang membunuh naga setelah samurai Ryuma

Setelah menghabiskan dua tahun pelatihan dengan Dracule Mihawk, Zoro semakin tidak terhentikan, bahkan bisa membunuh naga. Meskipun Zoro bukanlah yang pertama kali melakukannya. Samurai Wano, Ryuma adalah yang pertama. Peristiwa yang terjadi dalam one shot manga berjudul Monster milik Eiichiro Oda tersebut dikonfirmasi menjadi bagian dari sejarah One Piece. Dan kisah Ryuma membunuh naga sudah pernah kita dengar di arc Wano.

10. Jika tidak menjadi bajak laut, dia akan menjadi polisi

Fakta Roronoa Zoro terakhir adalah ternyata ia akan menjadi polisi jika tidak menjadi bajak laut. Menjawab pertanyaan penggemar dalam sesi tanya jawab di manga volume 76, Eiichiro Oda membenarkan hal ini. Dengan karakternya yang tidak ragu untuk melindungi yang lemah dari kejahatan, menjadi polisi adalah pekerjaan terbaik untuk Zoro.

7 Fakta Tentang Karakter One Piece seperti Luffy, Shiryu, Who's Who Klik Disini

Ditulis oleh: Erdi Kurniadi

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

8 Fakta Menarik Tentang Queen The Plague

Halaman: 
Admin : Trisna Susilowati