logo


Wow, Freeport Catatkan Produksi Emas yang Melonjak

Selain diekspor, Freeport juga akan menyuplai kebutuhan konsentrat ke PT Smelting di Gresik Jawa Timur.

28 April 2015 15:24 WIB

Cadangan emas Freeport
Cadangan emas Freeport

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Hasil fantastis dicapai oleh PT Freeport Indonesia (FI) dalam memproduksi emas sepanjang kuartal pertama tahun ini. Mereka mencatat berhasil memproduksi emas sebesar 255.000 ons troi (t oz) yang mengalami kenaikan dari periode yang sama tahun lalu sebesar 208.000 t oz.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Minera (ESDM) R Sukhyar mengatakan, peningkatan produksi emas dikarenakan ada kebutuhan peningkatan kuota ekspor sebanyak 1,16 juta ton atau 580.000 ton hingga Juli mendatang. "Tahun ini produksi Freeport direncanakan sekitar 2 juta ton," katanya di Jakarta, Selasa (28/4).

Menurutnya, selain diekspor, Freeport juga akan menyuplai kebutuhan konsentrat ke PT Smelting di Gresik Jawa Timur. ASal tahu saja, Freeport memproduksi tembaga sebanyak 154 juta pound sepanjang periode Januari hingga Maret lalu. Tahun lalu produksi Freeport ini mencapai 140 juta pound atau ada kenaikan 10 %.


Penjualan dan Produksi Batu Bara PT Bukit Asam Naik 14%

Untuk kapasitas smelter diperkirakan mencapai 2 juta ton juga pembangunan selesai pada tahun ini. Pasalnya sejauh ini kapasitas smelter hanya mencapai 1,6 juta ton. Ia menambahkan, volume produksi Freeport juga berkaitan dengan peningkatan produksi PT Newmont Nusa Tenggara. Maklum, kedua perusahaan tambang tembaga raksasa tersebut akan menjadi penyuplai konsentrat ke pabrik pemurnian (smelter) yang akan dibangun di Gresik oleh Freeport bersama Mitsubishi Corporation.

"Produksi Freeport maupun Newmont masih relatif stabil. Tapi, melihat produksi yang meningkat awal tahun ini, sangat mungkin karena perusahaan menghindari ganguan cuaca di pada kuartal selanjutnya," kata Sukhyar.

 

Warga Desa Sungai Bemban Pertanyakan Izin Tambang Galian C

Halaman: 
Penulis : Ali Hamid