logo


Pulih dari Pandemi, Sektor Ekspor China Sentuh Level Tertinggi dalam Dua Dekade Terakhir

Data resmi Bea Cukai China mengungkap bahwa sektor ekspor China meningkat di titik tertinggi dalam dua puluh tahun terakhir pada periode Januari-Februari 2021

7 Maret 2021 16:58 WIB

Pelabuhan Shanghai, China
Pelabuhan Shanghai, China istimewa

BEIJING, JITUNEWS.COM - Data resmi pemerintah China menunjukkan bahwa pertumbuhan ekspor China mengalami lonjakan ke level tertinggi dalam lebih dari dua dekade. Sementara itu, sektor impor juga mengalami kenaikan yang signifikan dibanding pada tahun 2020 lalu usai pandemi Covid-19 membuat aktivitas perekonomian negara tersebut hampir terhenti.

Dilansir dari CNA, Ekspor elektronik dan tekstil seperti masker berkontribusi pada lonjakan pengiriman keluar, seiring dengan meningkatnya permintaan pasokan alat pelindung terhadap virus selama pandemi.

Ekspor melonjak 60,6 persen per tahun di periode Januari hingga Februari, jauh di atas ekspektasi analis, sementara impor naik 22,2 persen.


Minta Militer Tembak Mati Pemberontak Komunis Filipina, Duterte: Lupakan soal HAM

Angka tersebut tentu saja sangat kontras dengan tahun lalu, dimana ekspor di periode Januari-Februari tahun lalu menurun sekitar 17 persen dan sektor impor menurun 4 persen.

Dalam data resmi bea cukai yang dirilis Minggu (7/3), ekspor elektronik China naik 54,1 persen, sementara tekstil termasuk masker naik 50,2 persen. Sehingga surplus perdagangan China secara keseluruhan mencapai US $ 103,3 miliar.

PM Inggris Sebut Pembukaan Sekolah adalah Langkah Pertama Menuju Kehidupan Normal

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia