logo


Laporan Investigasi soal Asal Usul Covid-19 Wuhan Akan Dirilis Tengah Bulan Ini

WHO mengatakan bahwa tim peneliti sedang menyelesaikan laporan terkait investigasi Covid-19 di Wuhan, dan akan segera merilis laporan tersebut pada pertengahan bulan ini.

7 Maret 2021 14:09 WIB

Kantor pusat WHO di Jenewa, Swiss
Kantor pusat WHO di Jenewa, Swiss istimewa

JENEWA, JITUNEWS.COM - Direktur Jenderal WHO Tedros Ghebreyesus Adhanom mengatakan bahwa laporan mengenai proses investigasi yang digelar untuk mengungkap asal usul Covid-19 pada Januari di China akan segera dirilis pada pertengahan Maret ini.

"Saya tahu banyak negara anggota (WHO) yang sangat ingin melihat laporan penelitian terhadap asal usul virus Sars-Cov-2, saya pun demikian," kata Tedros dalam sebuah pidatonya kepada perwakilan negara anggota WHO pada Kamis kemarin, dikutip Al Jazeera.

"Tim peneliti saat ini sedang menyusun laporan akhir dan kesimpulannya, yang...akan dirilis bersamaan pada tanggal 15 Maret mendatang," tambahnya.


Pulih dari Perdarahan Otak, Sir Alex Ferguson: Saya Kehilangan Suara Saya, Tidak Dapat Berbicara dan Itu Mengerikan

"Saat laporan tersebut sudah siap, kami akan meminta tim pakar untuk membagikan laporan tersebut kepada negara-negara anggota (WHO)...dan akan menjelaskan kepada anda terkait hasil penemuannya," ujar Tedros.

Tim investigasi internasional diketahui sudah memulai proses pencarian terkait asal muasal virus Covid-19 di Wuhan, China pada bulan Januari lalu. Mereka menghabiskan waktu empat pekan di Wuhan untuk mengunjungi sejumlah lokasi virus tersebut pertama kali muncul.

Meski penelitian di Wuhan tersebut gagal mengungkap sumber virus, namun dalam konferensi pers yang digelar saat mengakhiri misi tersebut, tim invetigasi menyanggah teori yang menyebut jika virus tersebut 'bocor' dari sebuah laboratorium di Wuhan.

Kendati demikian, saat tim kembali ke Jenewa, Tedros mengatakan bahwa "semua hipotesis masih terbuka".

AS Minta Negara Aliansinya Kecam Tindak Penindasan China terhadap Muslim Uighur

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia