logo


Sentil Mahfud yang Samakan Kudeta Demokrat dengan Konflik PKB, Tengku Zul Bilang Ini

Tengku Zulkarnain sebut konflik Demokrat melibatkan pihak luar, sementara konflik PKB hanya melbatkan internal partai

7 Maret 2021 05:00 WIB

Wakil Wasekjen MUI, Ustadz Tengku Zulkarnain
Wakil Wasekjen MUI, Ustadz Tengku Zulkarnain Dakwatuna.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mantan Wasekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), Tengku Zulkarnain tidak sependapat dengan pernyataan Menko Polhukam Mahfud Md yang menyamakan kudeta Partai Demokrat dengan konflik PKB beberapa tahun silam. Ia menyebut situasi kedua partai politik tersebut berbeda.

Tengku Zul mengatakan bahwa konflik PKB baik di masa pemerintahan Presiden Megawati maupun di era kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melibatkan kader internal partai itu sendiri.

"Konflik PKB era bu Mega keduanya orang dlm Partai, Matori dan Gus Dur. PKB era SBY keduanya org dlm, Muhaimin dgn Gus Dur," tulis Tengku Zulkarnain di akun Twitter pribadinya, Sabtu (6/3/2021).


SBY Percaya Jokowi Arif Sikapi Kudeta Demokrat, Begini Tanggapan Annisa Pohan

Sementara konflik dalam tubuh Partai Demokrat tidak hanya melibatkan kader internal namun juga melibatkan pihak luar yakni Kepala Kantor staf Presiden (KSP) Moeldoko.

"Kasus Demokrat ada orang luar dan saat kumpul masa Covid," sambungnya.

Sebelumnya, Mahfud Md mengatakan bahwa sikap pemerintah terkait KLB Demokrat sama seperti sikap SBY dalam menghadapi konflik PKB saat itu. Ia mengatakan bahwa saat itu SBY tidak ikut campur dalam konflik internal sebuah partai.

"Sama juga dengan sikap pemerintahan Pak SBY ketika itu (2008) tidak melakukan pelarangan saat ada PKB versi Parung (Gus Du) dan versi Ancol (Cak Imin). Alasannya, itu urusan internal parpol," tulis Mahfud di akun Twitter pribadinya, Sabtu (6/3/2021).

Pemerintah Serba Salah Terkait KLB PD, Mahfud Md: Secara Opini Tidak Sah, Tapi...

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati