logo


Militer Myanmar Sudah Coba Tarik Uang $ 1 Miliar dari AS Awal Februari Lalu

Sejumlah narasumber Reuters mengatakan bahwa pihak militer Myanmar sudah berupaya menarik dana senilai $ 1 Miliar dari AS pada 4 Februari lalu, namun transaksi tersebut diblokir oleh pemerintah AS

5 Maret 2021 19:45 WIB

Militer Myanmar
Militer Myanmar reuters

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tiga narasumber, salah satunya seorang pejabat pemerintah AS, kepada kantor berita Reuters melaporkan bahwa pihak militer Myanmar berusaha untuk memindahkan sekitar $ 1 miliar yang disimpan di Federal Reserve Bank of New York (FRBNY) di Amerika Serikat beberapa hari setelah mereka mengambil alih pemerintahan Myanmar pada 1 Februari lalu, dimana hal itu membuat sejumlah pejabat AS berupaya membekukan dana tersebut.

Narasumber yang tidak ingin disebut namanya tersebut mengatakan bahwa transaksi dilakukan pada 4 Februari atas nama Bank Sentral Myanmar, dimana transaksi tersebut langsung diblokir oleh tim pengamanan FRBNY atau Fed. Pejabat pemerintah AS kemudian membatalkan transfer tersebut sesuai dengan perintah eksekutif yang dikeluarkan oleh Presiden AS Joe Biden.

Upaya tersebut dilakukan setelah militer Myanmar melantik gubernur bank sentral baru menggantikan pejabat yang sudah mereka tangkap sebelumnya.


Perancis Minta Negara Anggota Uni Eropa Tak Beli Vaksin Covid-19 Buatan Rusia atau China

Hal ini menjadi tanda bahwa para jenderal Myanmar berupaya memanfaatkan dana tersebut untuk mendanai aktivitas mereka mengingat sejumlah negara sudah menjatuhkan sanksi terhadap mereka.

Sejauh ini, baik pihak FRBNY, Kementerian Keuangan AS dan pihak militer Myanmar belum mengeluarkan tanggapan atau komentar mereka terkait laporan tersebut.

YouTube Bakal Aktifkan Kembali Kanal Milik Donald Trump, Syarat dan Ketentuan Berlaku

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia