logo


Wacana Anies Lepas Saham Bir Delta, Mardani: PKS Sangat Mendukung

Menurutnya PKS sebagai partai pengusung Anies Baswedan sangat mensupport rencana pelepasan saham tersebut karena hal itu merupakan janji yang harus ditepati saat kampanye.

5 Maret 2021 13:20 WIB

Anies Baswedan
Anies Baswedan Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM- PKS mendukung Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melepas saham bir di PT Delta Djakarta Tbk.

“Polemik Perpres Miras bisa jadi momentum untuk mendorong kebuntuan selama DPRD DKI mengabulkan keinginan Gubernur Anies untuk menjual saham Delta milik DKI,” ujar Mardani di Jakarta, Jumat (5/3/2021).

Mardani mengatakan dari awal kepemimpinan, Anies Baswedan berkirim surat ke DPRD untuk pelepasan saham tersebut namun tidak direspon dan sepertinya tidak disetujui oleh Ketua DPRD tdk setuju. Diantaranya di tahun 2018 & 2019 menurut Plt Kepala BP BUMD DKI ketika itu.


Soal Perpres Investasi Miras, Rocky Gerung: Buzzer Belum Sempat Bekerja Presiden Udah Cabut

Menurutnya PKS sebagai partai pengusung Anies Baswedan sangat mensupport rencana pelepasan saham tersebut karena hal itu merupakan janji yang harus ditepati saat kampanye.

“Serta sesuai dengan karakter Pemda DKI yang ingin pemerintahan bersih, maju kotanya dan bahagia warganya,” katanya.

Padahal, kata Mardani, DKI Jakarta sudah memiliki aturan yg mendukung pelepasan saham bir. Seperti Perda No 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum, Perda No 74 tahun 2005 tentang Minuman Beralkohol, kemudian Pergub DKI Jakarta No 187 tentang Pengendalian dan Pengawasan Terhadap Penjualan Minuman Beralkohol.

“Sampai Peraturan Menteri Perdagangan No 25 tahun 2019. Aturan sudah cukup, tinggal dukungan dari rekan-rekan DPRD DKI. Mengingat ketika ada pemindahtanganan aset daerah di atas 5 miliar, perlu persetujuan DPRD DKI sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 27 tahun 2014 (Pengelolaan Barang Milik Negara),” tuturnya.

Dalam hal ini, Mardani mengatakan hasil dari penjualan tersebut bisa dialihkan untuk kemanfaatan warga Jakarta maupun investasi lain agar tidak menimbulkan sentimen sosial dan berbagai dampak negatif lainnya.

“Dengarkan masyarakat, sebagai regulator Pemprov pun tetap bisa mengontrol penjualan minuman beralkohol tanpa perlu memiliki saham di perusahaan tersebut,” pungkasnya.

Denny Siregar: Jokowi Programnya Bagus, Tapi Komunikasinya Buruk

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar