logo


Tuntut Program CSR, Warga Geruduk PT Star Energy Garut

Forum Masyarakat Pasirwangi Garut pada Rabu menggelar aksi protes di kompleks PT Star Energy Geothermal Darajat II guna meminta kejelasan terkait program CSR

4 Maret 2021 17:00 WIB

Sekelompok warga yang mengatasnamakan Forum Masyarakat Pasirwangi (Formasi) pada Rabu (3/3) mendatangi kompleks perusahaan panas bumi PT Star Energy Geothermal Darajat II
Sekelompok warga yang mengatasnamakan Forum Masyarakat Pasirwangi (Formasi) pada Rabu (3/3) mendatangi kompleks perusahaan panas bumi PT Star Energy Geothermal Darajat II dok jitunews

GARUT, JITUNEWS.COM - Sekelompok warga yang mengatasnamakan Forum Masyarakat Pasirwangi (Formasi) pada Rabu (3/3) mendatangi kompleks perusahaan panas bumi PT Star Energy Geothermal Darajat II untuk menanyakan program kepedulian sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/ CSR) yang tak pernah turun.

Warga menilai selama ini PT. STAR ENERGY yang merupakan perusahaan asing tersebut selama ini sudah mendapatkan keuntungan yang luar biasa besar dari sumber daya uap panas di kecamatan Pasirwangi. Namun, program CSR yang dijanjikan oleh perusahaan sejauh ini masih belum jelas.


Dianggap Lakukan Monopoli, Apple Digugat Pengembang Game Fortnite

"Perubahan ekonomi, pendidikan, kesehatan dan pengembangan usaha untuk masyarakat yang tidak mampu tidak ada, semakin tidak jelas arah tujuan kebijakan perusahan kemana," kata Formasi dalam pernyataan tertulisnya yang diterima oleh redaksi Jitunews pada Kamis (4/3).

Dalam aksinya, forum masyarakat Pasirwangi meminta agar Humas Star Energy Darajat Pasirwangi untuk dicopot.

"Kami meminta pimpinan Star Energy Pusat untuk mencopot Humas Star Energy Darajat Pasirwangi yang tidak menjalankan kehumasan-nya di Pasirwangi," tambah Formasi.

Selain itu, warga juga meminta Pemkab dan DPRD Garut untuk mengaudit dan melakukan investigasi terkait semua kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan tersebut.

"Kepada pemerintah Pusat dan Daerah DPRD Garut/Pemda Garut dan semua unsur terkait untuk mengaudit Keselururuhan kegiatan PT. Star Energy di Darajat Pasirwangi," lanjutnya.

Sementara itu, Manajer Policy, Governmen and Public Affairs (PGPA) Star Energy Geothermal Darajat II, Limited, Nungki Nursasongko, menegaskan bahwa pihaknya telah menjalankan program CSR setiap tahun berdasarkan persetujuan pemerintah.

"Program-program CSR ini setiap tahunnya kami jalankan setelah mendapat persetujuan dari pemerintah. Hasilnya pun selalu kami laporkan setiap tahunnya kepada pemerintah," kata Nungki dikutip Kabar Priangan.

Ia juga menyebutkan, dari hasil penilaian peringkat kinerja yang dilaksanakan Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK), kegiatan CSR SEGDII juga mendapat peringkat melebihi ketaatan.

Hidupkan Semangat Bung Hatta Tandingi Kapitalisme Barat, Alumni ATN/STTN/ISTN Bentuk Kopdewa

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia