logo


5 Cara Mengatasi Jerawat Membandel Tanpa Pergi ke Klinik Mahal

Berikut ini ada beberapa cara menghilangkan jerawat yang bisa dilakukan sendiri

4 Maret 2021 13:01 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Masalah kulit wajah seperti jerawat tak jarang membuat seseorang menjadi tak percaya diri. Masalah jerawat biasanya memang terjadi pada remaja saat usia puber.

Tetapi akan menjadi masalah serius bila tak kunjung sembuh hingga dewasa. Jerawat membandel ini yang membuat penderitanya bisa sangat frustasi karena telah melakukan berbagai cara namun tak kunjung sembuh.

Jerawat bisa terjadi karena berbagai pemicu seperti hormon, pola makan yang salah, infeksi akibat bakteri dan tak terlalu perhatian dalam menjaga kesehatan wajah. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan jerawat atau mencegah jerawat meradang.


Tips Jitu Simpan Daging Agar Tetap Segar

Mulai dari pergi ke klinik kecantikan, lebih memperhatikan kebersihan wajah secara mandiri dan pengaplikasian skincare yang tepat. Berikut ini ada beberapa cara menghilangkan jerawat yang bisa dilakukan sendiri tanpa pergi ke klinik kecantikan.

1. Pastikan Tangan Selalu Bersih

Tangan bisa menjadi sumber masalah bagi wajah bila kondisi tidak bersih. Tak hanya menimbulkan jerawat tetapi juga masalah kulit lainnya seperti bruntusan.

Biasakan untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum melakukan pengaplikasian produk kecantikan atau perawatan pada wajah. Hal ini agar kuman dan bakteri yang ada pada tangan tak menempel pada wajah.

2. Rajin Mencuci Wajah

Double cleansing atau membersihkan wajah dua atau tiga tahapan dalam satu waktu itu sangat dianjurkan. Sebelum membersihkan wajah dengan facial wash, bersihkan dahulu menggunakan micellar water atau pembersih wajah yang cocok dengan kulit wajahmu.

Cara ini akan lebih efektif mengangkat debu, polusi, sel kulit mati dan sisa make up di wajah hingga tak tersisa. Setelah melakukan double cleansing, baru lakukan ritual wajah lainnya.

3. Jaga Kebersihan Tempat Tidur

Tempat tidur seperti sprei, bantal, guling dan selimut sering kali menyentuh wajah saat tidur. Kotoran yang menempel pada seperangkat tempat tidur itu akan menjadi masalah bagi wajah.

Jerawat, bruntusan dan masalah kulit lainnya dapat dipicu oleh banyak hal salah satunya seperangkat tempat tidur yang kotor. Bakteri yang menempel pada wajah bisa menyebabkan infeksi, maka sebaiknya ganti sprei setidaknya seminggu sekali atau paling lama dua minggu sekali.

4. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Wajib hukumnya menerapkan gaya hidup sehat dan teratur seperti konsumsi makanan sehat dan pola tidur yang terarah. Menerapkan pola ini memberikan efek domino yang baik bagi kesehatan wajah, kulit dan tubuh.

Mulailah dengan tidak begadang, bangun tepat waktu, minum air putih minimal satu liter dalam sehari serta konsumsi buah dan sayur. Sempatkan untuk olahraga ringan di pagi atau sore hari.

Kurangi konsumsi makanan cepat saji dan makanan berminyak. Akan lebih baik konsultasikan pada dokter makanan apa saja yang harus dihindari sebagai pemicu timbulnya jerawat.

Ada beberapa makanan seperti daging ayam, telur atau kacang-kacangan yang dapat memicu tumbuhnya jerawat pada beberapa orang. Lebih baik konsultasi pada dokter sebab setiap orang memiliki pemicu makanan yang berbeda-beda.

5. Pemakaian Skincare yang Tepat

Pilih produk skincare yang cocok sesuai dengan jenis kulit wajahmu. Kamu bisa mencoba produk skincare MS Glow Acne Series yang diformulasikan khusus untuk menangani masalah jerawat membandel.

Produk perawatan wajah ini dapat membantu meminimalkan produksi minyak tanpa mengeringkan wajah. Selain itu, kandungan bahan aktif terbaiknya dapat menyembuhkan jerawat dan mencegah timbulnya kembali.

Setelah selesai perkara jerawat menggunakan paket MS Glow Acne Series, lanjutkan dengan penggunaan paket MS Glow Acne Basic untuk menghilangkan bekas jerawat. Kabar baiknya, paket ini aman digunakan oleh ibu hamil dan menyusui.

MS Glow adalah brand dalam negeri yang menjalankan bisnisnya pada industri perawatan wajah, tubuh dan kosmetika sejak 2013. Seluruh produknya telah dilengkapi izin BPOM dan belum lama ini MS Glow menerima penghargaan Brands of the Year dari Marketeers OMNI.

Jangan Buru-buru Dibuang! Yuk Olah Make Up Kadaluwarsa Jadi Barang yang Bermanfaat

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata