logo


Jokowi Izinkan Investor Asing Cari Harta Karun di Indonesia, Politikus Demokrat: Saya Dukung Terobosan Ini

Jokowi mengizinkan investor asing dan swasta di dalam negeri untuk mencari harta karun atau benda muatan kapal tenggelam (BMKT) di bawah laut Indonesia.

4 Maret 2021 11:16 WIB

Andi Arief
Andi Arief Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo mengizinkan investor asing dan swasta di dalam negeri untuk mencari harta karun atau benda muatan kapal tenggelam (BMKT) di bawah laut Indonesia.

Politikus Partai Demokrat, Andi Arief, mendukung langkah pemerintah tersebut. Andi mengaku pernah mengumpulkan periset yang bisa menggunakan teknologi bawah air.

"Saya bukan pencari harta karun, tetapi pernah mengumpulkan para periset yang sudah bisa gunakan teknologi bawah air. Namun ahli kita dianggap klenik. Karena teknologi bawah bermukaan air dan tanah hasilnya seperti klenik. Saya dukung terobosan ini," kata Andi melalui akun Twitternya yang menanggapi pemberitaan mengenai BMKT, Kamis (4/3).


Jokowi Izinkan Investor Asing Cari Harta Karun di Indonesia, Fadli: Nasionalisme Kadang Berhenti di Ucapan

Sebelumnya, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan bahwa izin pencarian harta karun merupakan satu dari 14 bidang usaha yang dibuka pemerintah. Harta karun merupakan barang peninggalan di kapal yang karam di bawah laut.

"14 yang dibuka, (salah satunya) ada pengangkatan benda berharga muatan kapal tenggelam. Jadi kalau mau cari harta karun di laut, bisa lah kau turun," ujar Bahlil saat konferensi pers virtual.

Bahlil mengatakan ada syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mencari harta karun.

"Syarat izinnya datang ke kita untuk bisa dapatkan izin. Tapi harus memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan, tidak langsung masuk OSS kemudian izin didapatkan, harus ada syarat-syarat notifikasi," jelasnya.

Jokowi: Cinta Barang Kita, Benci Produk dari Luar Negeri,

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata