logo


Investor Asing Diizinkan Cari Harta Karun di Indonesia, Susi: Mohon Dikelola Sendiri oleh Pemerintah

Jokowi mengizinkan investor asing dan swasta di dalam negeri untuk mencari harta karun atau benda muatan kapal tenggelam (BMKT) di bawah laut Indonesia.

4 Maret 2021 10:17 WIB

istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo mengizinkan investor asing dan swasta di dalam negeri untuk mencari harta karun atau benda muatan kapal tenggelam (BMKT) di bawah laut Indonesia.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, menyarankan BMKT dikelola oleh pemerintah.

"Pak Presiden Jokowi dan Pak Menteri KP Sakti Trenggono @kkpgoid, mohon dengan segala kerendahan hati untuk BMKT dikelola dan diangkat sendiri oleh pemerintah," kata Susi seperti dilihat di akun Twitternya, Kamis (4/3).


Soal Perpres Investasi Miras, Rocky Gerung: Buzzer Belum Sempat Bekerja Presiden Udah Cabut

Susi menilai Indonesia sudah banyak kehilangan benda-benda bersejarah.

"Sudah banyak kita kehilangan benda-benda bersejarah yang seharusnya jadi milik bangsa kita," cuit @susipudjiatuti yang menanggapi pemberitaan soal BMKT.

Sebelumnya, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan bahwa izin pencarian harta karun merupakan satu dari 14 bidang usaha yang dibuka pemerintah. Harta karun merupakan barang peninggalan di kapal yang karam di bawah laut.

"14 yang dibuka, (salah satunya) ada pengangkatan benda berharga muatan kapal tenggelam. Jadi kalau mau cari harta karun di laut, bisa lah kau turun," ujar Bahlil saat konferensi pers virtual.

Bahlil mengatakan ada syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mencari harta karun.

"Syarat izinnya datang ke kita untuk bisa dapatkan izin. Tapi harus memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan, tidak langsung masuk OSS kemudian izin didapatkan, harus ada syarat-syarat notifikasi," jelasnya.

Desak Jokowi Terbitkan Perpres Baru Pencabutan Investasi Miras, PKS: Sehingga Bukan Wacana Apalagi PHP

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata