logo


Fasilitas Pemeriksaan Covid-19 di Belanda Meledak, Polisi: Itu Sengaja

Kepolisian Belanda mengatakan bahwa insiden ledakan yang terjadi di sebuah fasilitas pemeriksaan Covid-19 adalah sebuah tindakan yang disengaja.

3 Maret 2021 20:56 WIB

Insiden ledakan yang terjadi di fasilitas pusat pemeriksaan Covid-19 di kota Bovenkarspel, Belanda pada Rabu (3/3)
Insiden ledakan yang terjadi di fasilitas pusat pemeriksaan Covid-19 di kota Bovenkarspel, Belanda pada Rabu (3/3) Al Jazeera

AMSTERDAM, JITUNEWS.COM - Sebuah insiden ledakan terjadi di fasilitas pusat pemeriksaan Covid-19 di kota Bovenkarspel, Belanda pada Rabu (3/3). Pihak kepolisian setempat menduga ledakan tersebut adalah sebuah tindakan yang disengaja.

Kepada Reuters, juru bicara pihak kepolisian, Menno Hartenberg mengatakan bahwa tim gegana yang diterjunkan untuk melakukan penyisiran dan olah TKP berhasil menemukan sisa-sisa bahan peledak berukuran 10 cm x 10 cm yang ditempatkan di depan gedung tersebut.

"Sesuatu semacam itu tampaknya bukan sebuah kecelakaan, benda itu sengaja ditaruh disitu," kata Menno.


Hadapi Ancaman Rusia dan China, AS dan Sekutu Diminta Dukung Pengembangan Senjata AI

Menteri Kesehatan Belanda Hugo de Jonge menyebut insiden tersebut sebagai tindakan yang "gila".

"Lebih dari satu tahun kita sangat mengandalkan orang-orang ini (petugas medis) di garis depan, dan sekarang ini yang terjadi," tulisnya dalam postingan Twitter.

Menurut kantor berita setempat, NOS, insiden ledakan tersebut tidak menimbulkan satupun korban jiwa atau korban luka meski fasilitas tersebut mengalami sejumlah kerusakan.

Sementara itu, kawasan di sekitar kota Bovenkarspel merupakan salah satu kawasan dengan jumlah kasus infeksi Covid-19 tertinggi di Belanda, yakin dengan 181 kasus per 100 ribu populasi dimana rata-rata tersebut jauh diatas rata-rata kasus infeksi secara keseluruhan di Belanda yang hanya 27 kasus per 100 ribu populasi.

"Di area ini, (jumlah) infeksi terus meningkat...dan sejumlah rumah sakit di sini sudah kewalahan," kata salah seorang reporter Al Jazeera.

Ledakan terjadi usai Belanda menghadapi gelombang aksi unjuk rasa terburuk dalam sepuluh tahun terakhir, usai warga masyarakat memprotes keputusan pemerintah yang memperketat aturan pembatasan sosial guna menekan laju peningkatan kasus infeksi Covid-19.

7 Fakta Sejarah Ini Belum Pernah Diajarkan di Sekolah

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia