logo


7 Fakta Sejarah Ini Belum Pernah Diajarkan di Sekolah

Berikut fakta sejarah dunia yang tidak diajarkan di sekolah

3 Maret 2021 20:28 WIB

Planet bumi.
Planet bumi. Pixabay

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Fakta sejarah yang anda dapatkan di sekolah tentu saja sangat menarik, dan semua orang kemungkinan juga sudah mengetahuinya. Faktanya, jika tidak banyak orang yang mengetahuinya, hal itu membuat fakta sejarah menjadi lebih menarik. Berikut beberapa fakta sejarah dunia yang tidak banyak orang mengetahuinya.


1. Bajak Laut Terhebat dalam Sejarah adalah Seorang Wanita


Crazy Rich Jepang Buka Audisi Jalan-jalan Gratis ke Bulan dengan Space-X, Berminat?

Dunia bajak laut selama ini digambarkan sebagai dunia yang sangat keras, perampokan, dan tindak kejahatan lainnya. Namun, tahukah kalian jika bajak laut tersukses di dalam sejarah adalah seorang wanita?

Bajak laut tersebut bernama Ching Shih, seorang wanita asal China yang merupakan mantan pekerja seks hingga seorang pemimpin bajak laut Bendera Merah hadir dan membelinya untuk dijadikan istri. Pemimpin bajak laut tersebut menganggap Ching Shih setara dengan dirinya sehingga Ching Shih menjadi salah satu komandan di armada tersebut.

Ching Shih juga berhasil mendapatkan rasa hormat dari kru lain dalam waktu dekat, dan menjadi kapten kapal saat suaminya meninggal dunia. Di bawah kepemimpinannya, Bajak Laut Bendera Merah berhasil meningkatkan jumlah pasukan dalam jumlah besar, memiliki lebih dari 300 kapal perang dengan lebih dari 1.000 kapal pendukung.

Kelompok bajak laut tersebut terus menebar teror di wilayah perairan sekitar China.

2. Orang Eropa Pertama yang Datang ke Benua Amerika adalah Bangsa Viking

Lima abad sebelum Christopher Columbus "menemukan" Amerika, bangsa Viking yang saat itu dipimpin oleh Leif Eriksson dari Greendland telah menjejakkan kaki mereka di kepulauan yang sekarang bernama Newfoundland pada tahun 1.000 Masehi. Mereka menetap disana dan melakukan penjelajahan di wilayah Kanada Utara.

3. Gajah Sudah Biasa Digunakan untuk Menghukum Terpidana Mati di Kebudayaan Asia Kuno

Gajah merupakan hewan yang memiliki kecerdasan yang tinggi dan mudah dilatih, dan terbukti cukup mudah untuk melatih mereka untuk dijadikan sebagai "alat" dalam mengeksekusi ataupun menyiksa tahanan. Di sejumlah kawasan Asia, metode ini masih sering dipraktekkan hingga akhir abad ke-19.

4. Di Peradaban Eropa Kuno, Pria yang Memakai Rok Dianggap Sangat Jantan

Sejumlah kebudayaan Eropa Kuno seperti bangsa Romawi, Yunani, dan Irlandia, menganggap celana panjang sebagai busana feminim sehingga para lelaki akan diperolok saat memakainya.

5. Parlemen Tertua dalam Sejarah Dimiliki oleh Islandia

Althing, sebuah lembaga pemerintahan Islandia, sudah dibentuk sejak tahun 930 Masehi dan masih berfungsi sebagai parlemen hingga sekarang.

6. 100 Juta Tahun Lalu, Padang Pasir Sabana Dihuni oleh Buaya yang Bisa Berlari

Di masa itu, padang pasir Sahara di Afrika Utara merupakan sebuah kawasan subur, penuh kehidupan dan juga dihuni oleh berbagai macam predator.

Pada 2009 lalu, seorang pemburu fosil berhasil menemukan sebuah fosil buaya yang memiliki lengan dan kaki yang panjang. Para pakar memperkirakan jika spesies buaya ini dapat berlari mengejar mangsa di daratan.

7. Tarik Tambang Dulu Pernah Dipertandingkan dalam Olimpiade

Tarik tambang pernah dipertandingkan dalam event olahraga terbesar dunia, Olimpiade, antara tahun 1900 hingga 1920 dan 5 Pertandingan Olimpiade Musim Panas yang berbeda.

Negara peraih medali terbanyak adalah Inggris dengan 5 (2 emas, 2 perak, 1 perunggu), kemudian Amerika Serikat dengan 3 (1 emas, 1 perak, 1 perunggu), sedangkan Swedia memiliki satu medali emas, Prancis dan Belanda meraih satu medali perak, dan Belgia meraih medali perunggu.

Hadapi Ancaman Rusia dan China, AS dan Sekutu Diminta Dukung Pengembangan Senjata AI

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia