logo


Desak Jokowi Bekukan UU Otsus Papua, Natalius Pigai Sebut Tak Relevan dengan Era Modern

Natalius Pigai meminta Jokowi menerbitkan Perppu dan berdialog langsung dengan warga Papua

3 Maret 2021 08:00 WIB

Natalius Pigai
Natalius Pigai Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mantan komisioner Komnas HAM asal Papua, Natalius Pigai meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) membekukan pelaksanaan UU Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsi Papua. Menurutnya, kebijakan otonomi khusus (otsus) tersebut sudah tidak relevan dengan era modern seperti saat ini.

"Kami merekomendasikan kepada Bapak Presiden Joko Widodo untuk membekukan pelaksanaan UU Otsus Papua No.21 tahun 2001 pada tahun 2021 ini sebelum melakukan perundingan dengan rakyat Papua. Sebelum perundingan itu dilaksanakan, pemerintah dapat mengeluarkan Perppu terkait Papua," kata Pigai dikutip dari keterangan tertulis pada Selasa (2/3/2021).

Pigai mengatakan bahwa masyarakat Papua sudah menolak Otsus tersebut. Ia lantas menyarankan kepada Jokowi agar berdialog langsung dengan masyarakat Papua sebagai langkah demokratis.


Terungkap! Ternyata Ini Pengusul Investasi Miras di Perpres Jokowi

"Perundingan itu bisa dilaksanakan mulai sekarang sampai tahun 2024. Hasil perundingan akan menentukan status Papua selanjutnya," ujarnya.

Diketahui, kebijakan otonomi khusus (otsus) Papua akan berakhir tahun ini. Pemerintah pun memastikan akan melanjutkan kebijakan tersebut. Namun masyarakat Papua dengan tegas menolak kebijakan otsus.

Isu Kudeta Demokrat Sudah Bergulir Satu Bulan, Andi Arief Ragu Jokowi Tak Tahu

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati