logo


Pemerintah Belarus Kejar Tokoh Oposisi yang Melarikan Diri ke Lithuania

Tim Investigasi Belarusia terus berupaya meng-ekstradisi Svetlana Tsikhanovskaia dari Lithuania

2 Maret 2021 19:45 WIB

Svetlana Tikhanovskaya
Svetlana Tikhanovskaya sky news

MINSK, JITUNEWS.COM - Komite Investigasi Belarusia pada Selasa (2/3) mengumumkan bahwa mereka sudah mengajukan permohonan ekstradisi mantan kandidat presiden Svetlana Tsikhanovskaia, yang melarikan diri ke Lithuania usai pemilihan umum yang digelar pada pertengahan tahun 2020 lalu.

"Tsikhanovskaia berada dalam daftar buronan. Semua dokumen yang relevan untuk ekstradisinya telah diajukan kepada kantor pengadilan tinggi," kata Komite tersebut dalam pernyataan tertulisnya, dikutip Sputniknews.

Selain masuk dalam daftar buronan pemerintah Belarusia, Tsikhanovskaia juga menjadi salah satu figur yang paling dicari oleh pemerintah Rusia sejak bulan Oktober lalu, usai diduga menghasut masyarakat Belarus untuk menggulingkan presiden terpilih Alexander Lukashenko.


Enam Kasus Infeksi Covid-19 Mutan Sudah Terdeteksi di Filipina

"Tim Svetlana Tikhanovskaya telah dan terus berkomunikasi dengan banyak rakyat Belarusia selama kampanye pemilu dan saat berlangsungnya gelombang aksi protes selama berbulan-bulan setelah pemilu. Beberapa dari mereka tetap mendukung tindakan radikal tersebut, tetapi Svetlana Tikhanovskaya tidak pernah berpartisipasi dalam mengembangkan rencana semacam itu," kata juru bicara Tsikhanovskaia dalam sebuah pernyataan.

"Orang dapat melihat, dalam video yang dirilis, bahwa dia meninggalkan ruangan untuk tidak melanjutkan diskusi," lanjutnya seraya menekankan bahwa politisi tersebut dan timnya "selalu mendukung metode damai."

Kasus Covid-19 Global Kembali Meningkat, Kepala WHO: Tidak Mengejutkan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia