logo


Kasus Covid-19 Global Kembali Meningkat, Kepala WHO: Tidak Mengejutkan

WHO mengatakan bahwa jumlah kasus infeksi Covid-19 global kembali meningkat pada pekan lalu.

2 Maret 2021 18:30 WIB

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus
Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus national geographic Indonesia

JENEWA, JITUNEWS.COM - Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada Senin (1/3) menyatakan bahwa jumlah kasus infeksi Covid-19 secara global kembali meningkat untuk pertama kalinya dalam waktu tujuh pekan pada minggu lalu.

"Kita perlu mengeluarkan peringatan keras untuk kita semua: bahwa virus ini akan kembali menyebar luas jika kita membiarkannya," kata Maria Van Kerkhove, kepala teknis WHO untuk COVID-19 dalam sebuah briefing, dikutip CNA.

"Dan kita tidak bisa membiarkannya," lanjutnya.


Pakar IT Peringatkan Warga AS Bersiap Jadi Sasaran Serangan Siber

Sementara itu, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa peningkatan kasus itu sangat "mengecewakan tetapi tidak mengejutkan". Untuk itu, ia mendesak semua negara untuk tidak melonggarkan langkah-langkah pencegahan yang sudah ada.

Menurutnya, masih terlalu dini untuk saat ini bagi negara untuk hanya mengandalkan program vaksinasi dan melonggarkan tindakan pencegahan lainnya.

"Jika negara hanya mengandalkan vaksin, mereka membuat kesalahan. Langkah-langkah kesehatan masyarakat dasar tetap menjadi dasar dari respon," kata Tedros.

Tedros mencatat bahwa Ghana dan Pantai Gading menjadi negara pertama yang memulai program vaksinasi Covid-19 dengan dosis vaksin yang dipasok oleh COVAX, program internasional untuk menyediakan vaksin bagi negara-negara miskin.

Akan tetapi, Tedros juga terus mengkritik langkah negara-negara kaya yang berupaya membeli pasokan dosis vaksin secara besar-besaran, atau bahkan melakukan penimbunan.

Enam Kasus Infeksi Covid-19 Mutan Sudah Terdeteksi di Filipina

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia