logo


Soal Perizinan Miras, Iwan Fals: Bukannya dari Dulu Sudah Legal?

Iwan mengaku melihat sejumlah tempat yang serasa bebas menjual minuman keras.

2 Maret 2021 13:34 WIB

Iwan Fals
Iwan Fals Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Musisi legendaris Iwan Fals turut angkat bicara mengenai perizinan investasi untuk industri minuman keras (miras) yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat. Kebijakan itu menuai penolakan keras dari sejumlah pihak, salah satunya MUI.

Pria bernama asli Virgiawan Listanto ini justru heran dengan berbagai sikap penolakan yang ada. Pasalnya, sepengetahuan dia, minuman keras sudah legal sejak dulu.

Iwan pun menyebutkan sejumlah tempat yang tampak bebas menjual minuman keras, seperti bandara, swalayan, bahkan warung kecil.


Tolak Legalisasi Miras, PBNU Khawatir Masyarakat Mabuk Semua

“Soal miras, lha bukannya dari dulu udah legal, di bandara  di toserba, di warung, saya sering liat, dipajang, dijual,” cuitnya lewat akun Twitter @iwanfals, dikutip Selasa (2/3).

“Tapi saya gak minum karena agama saya kan melarang, pernah sih nyicipin tapi saya gak suka rasanya, belum lagi maboknya gak enak, sampe muntah-muntah segala...wah pusiing,” tuntas pencipta lagu 'Bento' tersebut.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatur perizinan investasi untuk industri minuman keras atau beralkohol diberikan di empat provinsi. Keempatnya yaitu Bali, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, dan Papua.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal yang diteken kepala negara pada 2 Februari 2021. Aturan itu merupakan turunan dari Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

"Persyaratan, untuk penanaman modal baru dapat dilakukan pada provinsi Bali, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Papua dengan memperhatikan budaya dan kearifan setempat," tulis lampiran III perpres tersebut.

Soal Investasi Miras, DPD RI: Miras Jelas Sumbang Angka Kematian di Papua

Halaman: 
Penulis : Iskandar