logo


Siap-siap, Pemerintah Buka Pendaftaran 1,3 Juta ASN pada Maret 2021

Pemerintah buka lowongan 1,3 juta ASN tahun 2021

2 Maret 2021 09:06 WIB

istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa pemerintah akan membuka lowongan Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun 2021. Ia menambahkan bahwa jumlah lowongan yang dibuka sebanyak 1,3 juta ASN.

"Pemerintah sudah menentukan kebutuhan ASN secara total pada tahun 2021. Jika tidak ada kebijakan lain yang bersifat darurat, (kebutuhan) sejumlah sekitar 1,3 juta orang," kata Tjahjo di Jakarta seperti dilansir Antara, Senin (1/3/2021).

Tjahjo mengatakan bahwa kebutuhan ASN untuk instansi pemerintah pusat sebanyak 83 ribu formasi. Perinciannya yaitu 50 persen untuk PPPK dan 50 persen lainnya untuk CPNS sesuai dengan kebutuhan masing-masing instansi.


Kritik Tjahjo Kumolo Soal Larangan PNS Dekat Eks FPI, PKS: Jangan Ada Unsur Menzalimi

Semantara formasi ASN untuk pemda terdiri atas 70 ribu PPPK jabatan fungsional non guru dan sebanyak 119 ribu CPNS pegawai teknis. Terkait persyaratan, Tjahjo sebut akan ditentukan oleh masing-masing instansi.

"Mengenai waktu pengumuman, itu akan dilakukan pada bulan Maret setelah pembagian untuk masing-masing instansi selesai," ujarnya.

Tjahjo Kumolo Usul Libur Lebaran dan Tahun Baru Dipangkas

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati