logo


Ogah Bikin Gedung, Risma Minta Jokowi Bangun Daerah Mandiri Saat Bencana

Risma ingin memberikan bantuan dalam bentuk dapur umum, genset, maupun perahu.

1 Maret 2021 08:00 WIB

Tri Rismaharini.
Tri Rismaharini. Tempo

SURABAYA, JITUNEWS.COM - Menteri Sosial, Tri Rismaharini meminta kepada Presiden Joko Widodo agar membuat daerah-daerah yang terdampak bencana bisa mandiri. Hal tersebut perlu dilakukan sebagai langkah antisipasi terhadap bencana yang terjadi.

"Kemarin saya coba usulkan di 2022 untuk bisa disetujui. Saya juga sudah laporkan ke Bapak Presiden supaya daerah mandiri," kata Risma kepada wartawan di Balai Kota Surabaya, Minggu (28/2/2021).

Risma tidak ingin memberikan bantuan dalam bentuk pembangunan gedung. Namun lebih ditekankan dalam bentuk dapur umum, genset, maupun perahu.


Kerumunan Sambut Jokowi Disamakan dengan Kasus Habib Rizieq, Ruhut: Nggak Usah Nyinyir

"Jadi mereka bisa kita berikan dapur umum, genset, perahu. Itu sudah kami usulkan. Bukan pembangunan gedung, saya tidak mau pembangunan gedung. Kami, saya mencoba tahun ini tidak membangun gedung, tapi memaksimalkan bagaimana untuk operasional bencana lebih maksimal," jelasnya.

Ia juga mengusulkan dana alokasi khusus (DAK) alat berat. Meski demikian, Risma belum tahu apakah usulan tersebut akan disetujui Presiden Jokowi atau tidak.

"DAK untuk peralatan-peralatan di mana daerah bisa mandiri sebelum kami datang. Termasuk saya juga mengusulkan DAK alat berat. Tapi kita nggak tahu, karena masih usulan. Bisa disetujui, bisa tidak," lanjutnya.

Hapus Santunan Korban Covid-19 Rp 15 Juta, Risma: Sebetulnya Enggak Boleh, Itu Kesalahan Administrasi

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati