logo


Satu Lagi, Organ Sayap Partai Demokrat Dukung KLB

Boyke berharap KLB menjadi jalan terbaik untuk memberhentikan Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

27 Februari 2021 16:32 WIB

Ketua Umum AMD, Boyke Novrizon, dalam konferensi pers di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (27/2).
Ketua Umum AMD, Boyke Novrizon, dalam konferensi pers di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (27/2). Dok. AMD

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Angkatan Muda Demokrat (AMD) menyatakan mendukung pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat. Menurut Ketua Umum AMD, Boyke Novrizon, gerakan KLB yang diinisiasi oleh para senior Partai Demokrat merupakan langkah untuk perbaikan partai agar kembali ke falsafah atau nilai-nilai dasar saat didirikan.

Bahkan, ia membantah jika gerakan KLB ini disebut sebagai gerakan kudeta. Sebab, KLB ini merupakan gerakan konstitusional yang diatur dalam AD/ART Partai Demokrat.

"Ini bukan gerakan kudeta, tetapi gerakan konstitusional. [Karena] keinginan para senior itu bukan untuk melakukan kudeta. Tapi ingin memperbaiki falsafah partai saat didirikan, termasuk pak SBY," kata Boyke dalam konferensi pers di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (27/2).


Dipecat dari PD, Begini Nasib Penggagas KLB Jhoni Allen Marbun di DPR RI

Boyke mencatat ada beberapa alasan pihaknya mendorong agar KLB segera dilaksanakan.

Menurutnya, ada dua pesan yang disampaikan oleh para pengurus partai di daerah terkait mekanisme DPP yang dikomandoi oleh AHY, bahwa mereka merasakan hak-hak politik mereka dikebiri. Seperti pemilihan ketua fraksi di daerah yang ditetapkan langsung oleh DPP. Selain itu ada perasaan batin yang terluka, sebab DPP menetapkan iuran sebesar 2,5 persen kepada seluruh kader, baik di legislatif maupun eksekutif.

"Jadi yang kami menyampaikan ini bukan karangan semata, tetapi berdasarkan sejumlah fakta di lapangan terutama di daerah," ujarnya.

Boyke berharap KLB menjadi jalan terbaik untuk memberhentikan Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Karena terindikasi telah melakukan pelanggaran berat partai dengan mengubah AD/ART secara sepihak tanpa melalui mekanisme yang telah diatur.

Ia pun meminta kepada seluruh kader AMD untuk mendukung pelaksanaan KLB Partai Demokrat.

"Saya selaku Ketum Angkatan Muda Demokrat (AMD) meminta doa serta peran perjuangan kepada seluruh Kader AMD se-Indonesia untuk dapat membantu suksesi agenda KLB yang akan dilaksanakan ini agar senantiasa dapat berjalan secara baik, lancar dan sesuai harapan kita semua. Saya juga meminta kepada seluruh jajaran pengurus AMD seluruh Indonesia untuk dapat hadir dalam arena pesta demokrasi Partai Demokrat dalam KLB yang akan segera dilaksanakan," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum AMD, Ramli Batubara menanggapi soal 'turun gunung' Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono yang bakal menghadapi pihak yang menginginkan KLB. Menurut Ramli, sikap SBY itu membuktikan bahwa Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memang tak mampu memimpin partai.

Bahkan, Ramli menegaskan bahwa AHY adalah pemuda cengeng. AHY belum matang secara politik sehingga harus di-back up ayahnya untuk menghadapi suara kader partai yang menginginkan perubahan partai.

Muncul Isu Dualisme Kepemimpinan AHY-Ibas, Demokrat: Jahat Sekali, Ini Fitnah Keji

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata