logo


Militer Myanmar Pindahkan Lokasi Penahanan Aung San Suu Kyi

Seorang politisi Partai NLD mengatakan bahwa lokasi penahanan Aung San Suu Kyi telah dipindahkan oleh pihak militer Myanmar ke lokasi yang tidak diketahui.

27 Februari 2021 11:30 WIB

Aung San Suu Kyi
Aung San Suu Kyi REUTERS

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Militer Myanmar telah memindahkan lokasi penahanan Penasihat Negara Aung San Suu Kyi ke sebuah lokasi yang tidak diketahui sejak enam hari lalu. Hal tersebut disampaikan oleh seorang politisi Partai NLD kepada Myanmar Now pada Jumat (26/2).

Suu Kyi, pemimpin de facto pemerintahan Myanmar dan ketua partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD), telah ditahan di rumahnya di Naypyitaw sejak aksi kudeta dilakukan oleh pihak militer Myanmar pada 1 Februari lalu.

"Kami tidak tahu lagi di mana dia ditahan," kata seorang anggota senior NLD pada media tersebut, dikutip Sputniknews.


Pengecut, Suriah Kecam Serangan Udara AS terhadap Fasilitas di Dekat Perbatasan Irak

Selain Suu Kyi, pihak militer juga menangkap sejumlah tokoh pemerintahan lainnya, termasuk Presiden Win Myint. Mereka ditangkap karena dituduh telah melakukan kecurangan pada proses penghitungan suara pemilu dan melanggar aturan protokol kesehatan COVID-19 tentang pengumpulan massa. Usai mengambil alih pemerintahan, pihak militer langsung mengeluarkan status keadaan darurat selama satu tahun dan berjanji akan menggelar pemungutan suara baru setelah itu.

Kudeta tersebut memicu gelombang aksi protes dari warga masyarakat yang hingga kini masih berlangsung.

Sementara itu, Utusan Khusus PBB Christine Schraner Burgener pada Jumat juga telah meminta komunitas internasional untuk tidak mengakui atau memberikan legitimasi kepada penguasa militer yang merebut kekuasaan di Myanmar, menggulingkan pemerintah yang dipilih secara demokratis melalui aksi kudeta.

 

AS Hanya Akan Mengakui Crimea sebagai Wilayah Ukraina, Bukan Milik Rusia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia