logo


Ini Alasan Bill Gates Ogah Ikut Elon Musk Main Bitcoin

Bill Gate menilai bitcoin tidak ramah lingkungan karena menghabiskan lebih banyak sumber daya listrik setiap transaksinya.

27 Februari 2021 09:45 WIB

Ilustrasi Bitcoin - Internet
Ilustrasi Bitcoin - Internet

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pendiri perusahaan teknologi Microsoft Bill Gates mengaku bahwa dirinya tidak tertarik untuk berinvestasi dalam perdagangan mata uang kripto Bitcoin.

Dalam sebuah kesempatan, Gates menyebut dirinya adalah orang yang "skeptis" terhadap Bitcoin dan mengatakan bahwa cryptocurrency berdampak buruk terhadap lingkungan, sehingga ia hal itu lah yang membuatnya tak tertarik.

“Bitcoin menggunakan lebih banyak listrik per transaksi daripada metode lain yang dikenal umat manusia. Jadi ini bukan sebuah hal yang baik dengan iklim (lingkungan)," kata Gates dalam sebuah konferensi virtual dikutip Sputniknews.


Bukan AS, Rekan Dagang Terbesar Uni Eropa di Tahun 2020 adalah China

“Jika itu adalah listrik ramah lingkungan dan tidak mengurangi kegunaan lain, pada akhirnya mungkin (berinvestasi dalam bitcoin) tidak apa-apa untuk dilakukan. (Tapi) Saya tidak melihatnya memiliki keterkaitan, meskipun Anda mungkin melabeli saya skeptis terhadap Bitcoin - bahwa saya tidak memilih (bitcoin) untuk menginvestasikan uang," tambahnya.

Bill Gates mengaku lebih tertarik untuk berinvestasi dalam hal lain yang mana hal tersebut juga bermanfaat bagi orang lain, tidak hanya dirinya saja yang menikmati keuntungan tersebut.

"Saya membeli vaksin malaria. Saya membeli vaksin campak. Saya berinvestasi di perusahaan yang membuat produk. Ini bukan 'Hei, seseorang akan membeli ini dengan harga lebih banyak daripada yang saya bayarkan,' lanjutnya.

Ia tak lantas mengecam orang-orang yang memilih untuk menanam modalnya dalam perdagangan bitcoin, seperti yang dilakukan oleh pendiri Tesla, Elon Musk. Meski demikian, ia memperingatkan bahwa investasi mata uang kripto merupakan salah satu investasi yang beresiko tinggi.

"Tetapi jika orang lain menemukan kekayaan mereka seperti itu, saya memuji mereka ... (Tapi) jika Anda memiliki lebih sedikit uang daripada Elon (Musk), Anda mungkin harus berhati-hati," katanya.

"Elon memiliki banyak uang dan dia sangat canggih, jadi saya tidak khawatir Bitcoinnya akan naik atau turun secara acak," katanya kepada Bloomberg.

Bitcoin belakangan ini diketahui telah mengalami pertumbuhan besar-besaran, dimana nilainya meningkat 700 persen dalam waktu setahun, meski sempat sedikit turun dalam beberapa hari terakhir menjadi $ 44.286 dari $ 58.354 pada akhir pekan lalu.

Nggak Cuma Selebritis, Bahkan Ratu Elizabeth Juga Minta Warga Inggris Ikut Vaksinasi

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia