logo


Lewat Telepon, Joe Biden dan Raja Salman Bahas Penyelesaian Konflik Yaman

Presiden AS Joe Biden dan Raja Salman pada Kamis (25/2) melakukan pembicaraan melalui sambungan telepon dimana keduanya membahas mengenai isu keamanan Timur Tengah

26 Februari 2021 13:10 WIB

Joe Biden
Joe Biden istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Lewat sambungan telepon pada Kamis (25/2), Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Raja Salman dikabarkan melakukan pembicaraan mengenai isu keamanan Timur Tengah serta upaya penyelesaian konflik Yaman. Hal tersebut disampaikan oleh kantor kepresidenan AS dalam pernyataan tertulisnya.

Menurut laporan kantor berita Arab Saudi (SPA), kedua pemimpin tersebut juga membahas mengenai upaya penanganan meningkatnya aktivitas militer Iran yang berpotensi merusak stabilitas Timur Tengah.

SPA melaporkan bahwa Raja Salman menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joe Biden yang berjanji "tidak akan membiarkan Iran mengembangkan senjata nuklirnya".


AS Minta Malaysia Berhenti Deportasi Warga Myanmar

Percakapan telepon tersebut merupakan komunikasi pertama kedua pemimpin tersebut sejak Biden dilantik secara resmi sebagai presiden AS pada Januari lalu.

Kabar mengenai sambungan telepon antara Biden dan Raja Salman sebenarnya sudah tersebar pada Rabu (24/2), sebelum munculnya laporan intelijen yang menyebut bahwa adanya keterlibatan pihak keluarga kerajaan Arab Saudi dalam kasus pembunuhan seorang jurnalis Jamal Kashoggi.

Biden sendiri sebelumnya juga mengaku sudah membaca laporan intelijen yang dibantah oleh pihak kerajaan Arab Saudi tersebut.

Pada Kamis (25/2), CNN melaporkan bahwa laporan intelijen tersebut sebenarnya akan dirilis setelah Joe Biden dan Raja Salman menggelar pembicaraan.

Meski demikian, pernyataan dari Gedung Putih dan SPA terkait pembicaraan telepon antara Biden dan Raja Salman tersebut tidak menyebutkan mengenai laporan intelijen.

Tim Dokter Nggak Yakin Tiger Woods Bisa Main Golf Seperti Dulu Usai Alami Kecelakaan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia