logo


Ingin Puas Main Game Online Tapi Kuota Internet Selalu Jebol? Begini Cara Mengatasinya

Jangan sampai aktivitas main game kamu terhambat.

26 Februari 2021 06:00 WIB

Games
Games

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Bermain game online menjadi salah satu aktivitas yang banyak digandrungi oleh masyarakat di kala santai dan ingin melepas rasa penat akibat kesibukan sehari-hari. Terlebih, sekarang bermain game bisa dilakukan tanpa harus membeli perangkat konsol atau komputer dengan harga jutaan terlebih dahulu.

Cukup dengan smartphone atau ponsel pintar, Anda dapat memilih ratusan, bahkan ribuan game online untuk dimainkan bersama teman atau keluarga dan merasakan keseruannya. Mulai dari game bergenre santai, hingga kompetitif, semua bisa Anda unduh dan mainkan secara gratis melalui Google Playstore ataupun AppStore.

Sayangnya, meski dapat diunduh dan dimainkan secara cuma-cuma, game online terbilang cukup boros mengonsumsi kuota internet. Kalau keasyikan bermain game online hingga berjam-jam, bukan mustahil paket internet Anda tak akan memiliki sisa kuota internet sama sekali di akhir bulan. Belum lagi untuk Anda yang sering beli voucher game online bukan?


3 Cara Mencegah Kelelahan Selama Bulan Ramadan

Menahan hasrat untuk bermain game online bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Terlebih jika beban pikiran sudah memuncak dan membutuhkan aktivitas menyenangkan agar tidak stres. Nah, agar aktivitas bermain game online Anda tak sampai terhambat oleh keterbatasan kuota internet, lakukan 5 tips untuk menghematnya berikut ini.

1. Non-Aktifkan Fitur Auto Update Aplikasi

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk menghemat pemakaian kuota internet selama bermain game online adalah mematikan fitur update otomatis pada smartphone. Fitur ini sebenarnya berguna untuk meningkatkan kenyamanan Anda saat menggunakan aplikasi yang terpasang di ponsel pintar dengan memperbaharuinya ke versi terbaru.

Walaupun hanya terjadi setiap beberapa minggu sekali, sekalinya update aplikasi dilakukan, kuota internet yang terpangkas bisa mencapai puluhan, hingga ratusan megabyte. Bayangkan jika setiap aplikasi mengonsumsi jumlah kuota internet yang sama setiap kali diupdate. Kuota internet beberapa GB bisa terkuras dalam sekejap saja.

Oleh karena itu, jika ingin menghemat pemakaian kuota internet, non aktifkan saja fitur auto update ini. Caranya dengan membuka menu Pengaturan atau Settings pada Google Playstore atau Appstore dan cari opsi untuk mematikan fitur ini. Namun, tetap ingat untuk mengupdate versi aplikasi secara manual saat terhubung ke jaringan internet unlimited atau Wi-Fi agar jalannya aplikasi tersebut tetap optimal.

2. Matikan Fitur Notifikasi untuk Sementara

Banyak yang menyepelekan, tapi fitur notifikasi ternyata dapat menjadi alasan mengapa kuota internet begitu boros, loh! Kalau dihitung per aplikasi memang tak banyak memakan data internet. Namun, jika dikalikan dengan seluruh aplikasi yang terpasang di smartphone, jumlahnya bisa sangat signifikan pula.

Saat fitur notifikasi aktif, aktivitas Anda bermain game online juga pastinya akan terganggu. Hasrat untuk mengecek notifikasi pun menjadi lebih sulit untuk dihadang, khususnya yang datang dari aplikasi media sosial. Alhasil, kuota internet lebih banyak tersedot karena harus membuka aplikasi yang mungkin berisi konten berupa gambar dan video.

Gabenstore, Pilihan Jasa Top Up Game Online Terbaik yang Terbukti Aman

Halaman: 
Penulis : Iskandar