logo


Jaga Daya Beli Masyarakat saat Pandemi Covid-19, Pemerintah Diminta Lanjutkan Program Padat Karya Tunai

Pemerintah perlu membuat terobosan baru sebagai langkah antisipatif untuk menjaga daya beli masyarakat

25 Februari 2021 17:57 WIB

Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono
Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono Dok. Jitunews.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono mengingatkan pemerintah untuk menjaga daya beli masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

"Pemerintah perlu membuat terobosan baru sebagai langkah antisipatif untuk menjaga daya beli masyarakat, khususnya terhadap konsumsi kebutuhan sehari-hari, dengan tetap memastikan harga komoditas tetap stabil mengingat kondisi pandemi akan mempengaruhi daya beli masyarakat," ujar Nono Sampono di Jakarta, Kamis (25/2/2021).

Selain itu, Nono Sampono juga meminta agar penyaluran program perlindungan sosial dan melanjutkan program padat karya tunai agar lapangan kerja dapat segera terealisasikan.


Berani Mengubah Arah Bisnis

Dia mengatakan, pengadaan program padat karya tunai juga bisa memanfaatkan dana desa dan dikhususkan untuk membantu masyarakat desa yang kehilangan pekerjaan di tengah pandemi Covid-19.

Menurutnya beberapa program padat karya yang dapat dilakukan tersebut misalnya peningkatan irigasi kecil, perbaikan jalan lingkungan, rumah subsidi, penanganan kawasan kumuh, peningkatan kualitas air minum dan sanitasi.

Namun, Nono Sampono mengimbau, pelaksanaan program tetap sesuai protokol kesehatan yang telah diberlakukan.

"Saya ingatkan agar pelaksanaan padat karya tunai ini menjalankan protokol kesehatan yang ketat, menjaga jarak, memakai masker. Sehingga pelaksanaan program padat karya tunai tidak mengganggu upaya kita dalam memutus rantai penyebaran Covid-19," pungkasnya.

Harapan Besar Pembuat Tahu Kecil

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar