logo


Ayo Dukung Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia !! (Bagian-2 Habis)

Marikultur, salah satu upaya yang dilakukan agar Indonesia menjadi Poros Maritim Dunia

28 April 2015 11:21 WIB

Marikultur (Ist)
Marikultur (Ist)

“Disamping itu, komoditas marikultur juga merupakan komoditas ekspor dan banyak diminati oleh pasar luar negeri yang masih sangat terbuka lebar. Capaian produksi marikultur juga mengalami peningkatan yang cukup siginifikan, seperti rumput laut yang produksinya pada tahun 2010 sekitar 3,9 juta ton, pada tahun 2014 mencapai 10,2 juta ton (data sementara). Demikian juga pada komoditas kakap dan kerapu, serta komoditas lain seperti bawal bintang yang sangat berpotensi untuk dikembangkan”, jelas Slamet.

Sementara itu, Herman Khaeron Wakil Ketua Komisi IV DPR RI yang juga merupakan ketua rombongan kunker di Pessel-Sumatera Barat menyatakan, perkembangan usaha budidaya laut di lokasi tersebut cukup menggembirakan. Meski demikian, ia juga mengatakan, yang perlu diperhatikan saat ini dan ke depannya adalah penyediaan benih ikan, khususnya ikan kerapu guna mendukung usaha budidaya yang ada.

Selain itu menurut Herman, pemerintah daerah harus mendorong Balai Balai Benih Ikan (BBI) yang ada, untuk memproduksi benih kerapu yang unggul. Kemudian, pemerintah pusat juga harus selalu melakukan pembinaan terhadap keberlangsungan produksi benih tersebut. 


Mendag: Tidak Ada Alasan Harga Pangan Naik!

"Dari sini kita harapkan para pembudidaya tidak perlu lagi membeli benih kerapu jauh-jauh dari Jawa. Apabila hal ini dapat teratasi, maka produksi ikan akan dapat terus didorong, dan pengembangan usaha budidaya ikan akan meningkat. Sehingga pada akhirnya, kesejahteraan pelaku usaha perikanan budidaya akan meningkat dan perekonomian daerah pun ikat berputar”, pungkas Herman. 

Berita sebelumnya

Tiga Pilar Utama Pemerintah Sukseskan Upaya Perang Melawan IUU Fishing

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro