logo


Tak Hanya di Stasiun, Menko PMK Dorong Pemanfaatan GeNose C19 di Pelayanan Publik

Menko PMK sebut GeNose C19 memiliki tingkat efektivitas yang sangat baik

24 Februari 2021 10:21 WIB

Menko PMK Muhadjir Effendy bertemu dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, jajaran Kemenhub, dan peneliti UGM pada Selasa (23/2/2021).
Menko PMK Muhadjir Effendy bertemu dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, jajaran Kemenhub, dan peneliti UGM pada Selasa (23/2/2021). Humas Kemenko PMK

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengapresiasi inovasi karya anak bangsa salah satu yaitu alat pendeteksi Covid-19 GeNose C19 karya akademisi Universitas Gajah Mada (UGM). Menurutnya, GeNose C19 memiliki tingkat efektivitas yang sangat baik. Oleh karena itu, ia medorong agar GeNose C19 bisa diproduksi lebih banyak dan dapat dimanfaatkan lebih luas.

"Tentu saja kita harus bicara masalah bagaimana bisa diproduksi lebih masif di samping terus dilakukan penyempurnaan," kata Muhadjir usai bertemu dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, jajaran Kemenhub, dan peneliti UGM pada Selasa (23/2/2021).

Muhadjir mengatakan bahwa pemanfaatan GeNose nantinya tidak hanya ditempatkan di lokasi terkait perjalanan seperti stasiun. Namun nantinya  juga ditempatkan di lokasi-lokasi pelayanan publik lainnya.


Kecam Ajakan Pernikahan Anak, Menko PMK Minta Polisi Selidiki Aisha Weddings

"Jadi kita akan terus memperbanyak penggunaan GeNose untuk kepentingan pelayanan publik. Dan nanti tidak hanya di bidang perjalanan. Akan ada skema lain di tempat-tempat yang membutuhkan karena kita lihat GeNose ini telah berfungsi dengan baik," pungkasnya.

Diketahui, pemanfaatan GeNose C19 sebagai alat screening pendeteksi Covid-19 di pelayanan publik baru efektif digunakan pada moda transportasi kereta api. Saat ini sudah ada sebanyak 8 stasiun kereta api yang memanfaatkan GeNose C19, yaitu: Stasiun Pasar Senen Jakarta, Stasiun Gambir Jakarta, Stasiun Tugu Yogyakarta, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Bandung, Stasiun Cirebon, Stasiun Tawang Semarang, Stasiun Pasar Turi Surabaya.

 

 

Limbah Medis Meningkat Selama Covid-19, Menko PMK Minta Penanganan Dilakukan Secara Serius

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati