logo


Sekjen PBB Desak Pemerintah Kongo Investigasi Serangan yang Tewaskan Dubes Italia

Dubes Italia untuk Kongo Luca Attanasio tewas saat kelompok bersenjata tak dikenal menyerang konvoi PBB di negara Afrika tersebut pada Senin (22/2).

23 Februari 2021 14:00 WIB

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres
Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres REQnews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sekertaris Jenderal PBB Antonio Guterres mendesak pemerintah Republik Demokratik Kongo (DRC) untuk segera menggelar proses investigasi terhadap insiden serangan yang menewaskan duta besar Italia untuk negara Afrika tersebut dan dua orang lain yang sedang bersamanya, pada Senin (22/2).

"Sekertaris Jenderal meminta pemerintah Republik Demokratik Kongo untuk segera menginvestigasi serangan brutal yang mengincar perwakilan PBB dan menyeret pelaku serangan ke pengadilan," kata juru bicara PBB Dujarric, dikutip Sputniknews.

Pada Senin (22/2), Dubes Italia untuk DRC Luca Attanasio yang berada di sebuah mobil dalam konvoi PBB, tewas diserang kelompok bersenjata tak dikenal, di wilayah timur negara tersebut, tak jauh dari perbatasan Rwanda dan Uganda. Serangan tersebut juga menewaskan dua orang lainnya, yakni pengemudi mobil dan seorang petugas polisi militer yang tengah mendampingi dubes Italia tersebut.


Nelayan Jepang Temukan Ikan yang Terkontaminasi Air Limbah Nuklir Fukushima

"Dengan kesedihan yang mendalam bahwa Kementerian Luar Negeri mengkonfirmasi kematian hari ini di Goma, Duta Besar Italia untuk Republik Demokratik Kongo, Luca Attanasio, dan seorang polisi dari Carabinieri," kata pernyataan kementerian luar negeri Italia dikutip Al Jazeera, Senin (22/2).

Uni Eropa Tingkatkan Sanksi atas Rusia, Moskow: Tidak Masuk Akal

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia