logo


Netizen Heran Perahu Karet FPI Masih Digunakan untuk Evakuasi Banjir, Polisi Beri Penjelasan Ini

Polisi menegaskan bahwa pemerintah tidak melarang ormas manapun membantu korban banjir, asalkan tidak menggunakan atribut dilarang oleh pemerintah

23 Februari 2021 11:25 WIB

Perahu Karet FPI
Perahu Karet FPI ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sebuah foto yang menampilkan anggota TNI dan tim SAR menggunkan perahu karet berlogo FPI untuk mengevakuasi korban banjir menjadi viral di media sosial. Banyak netizen yang heran, kenapa pemeritah masih menggunakan barang yang berlogo FPI. Padahal penggunaan atribut maupun logo FPI sudah dilarang oleh pemerintah.

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Erwin Kurniawan membantah bahwa petugas TNI dan aparat lainnya menggunakan perahu karet berlogo FPI untuk mengevakuasi korban banjir Jakarta. Ia mengatakan bahwa perahu karet belogo FPI sudah diamankan oleh aparat berwajib.

"Ya mungkin itu pada saat mengambil gambar, setelah itu kita amankan perahu karet tersebut, sehingga dalam proses pengamanan itu mungkin terlihat ada pertolongan," kata Erwin kepada wartawan, Senin (22/2/2021).


Anies Klaim Banjir Surut Atas Izin Allah, Ferdinand: Lantas Diam Tak Berbuat Sesuatu?

Erwin menegaskan bahwa pemerintah tidak melarang ormas manapun membantu korban banjir. Meski demikian, harus dipastikan tidak menggunakan atribut ormas yang sudah dilarang oleh pemerintah.

"Kalaupun ada FPI-FPI lain atau neo FPI yang kita menganggap itu masih sama dalam arti kita tetap melakukan tindakan-tindakan pelarangan memasang atribut, kemudian menggunakan atribut tulisan-tulisan dan simbol-simbol," jelasnya.

Data Banjir di Medsos Jadi Polemik, Wagub DKI: Tidak Ada Data yang Disembunyikan, Tidak Mungkin Setiap Tahun Dipaparkan

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati