logo


Gabung Demokrat Demi Nyapres, Max Sopacua: SBY Tidak Berjuang untuk Partai

SBY, bagi Max, tak lebih dari seorang tamu yang menggusur pemilik rumah.

23 Februari 2021 06:00 WIB

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono Jitunews/Rezaldy

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Eks Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Max Sopacua mengatakan bahwa Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sejatinya tak ikut andil dalam pendirian Partai Demokrat di awal dekade 2000-an.

Menurutnya, SBY bergabung ke Partai Demokrat untuk maju sebagai calon presiden di Pemilu 2004 silam. SBY, baginya, tak lebih dari seorang tamu yang menggusur pemilik rumah.

“Pada saat itu SBY kan tidak hadir. SBY masih menjabat sebagai Menko Polhukam saat Ibu Megawati menjabat Presiden,” kata Max.


Politikus Demokrat Singgung Makam Gus Dur, Barikade Gus Dur: Membangkitkan Sakit Hati Kami

“SBY juga bilang ke Bu Mega tidak mendirikan partai atau tidak ikut mencalonkan diri sebagai presiden pada waktu itu,” lanjutnya.

Max melanjutkan, Partai Demokrat mulai berubah menjadi partai keluarga pada 2013. Hal itu terjadi usai KLB yang mengukuhkan SBY sebagai ketua umum, menggantikan Anas Urbaningrum.

“Mulai dari 2013 itulah makanya Partai Demokrat berada di kepemilikan SBY sampai sekarang ini dan tidak sesuai lagi dengan apa yang kami cetuskan,” tegasnya.

Maka dari itu, Max melayangkan tantangan debat terbuka kepada pihak yang menuding pendukung KLB sebagai pengkhianat Partai Demokrat.

“SBY tidak berjuang untuk partai ini. Beliau baru masuk untuk jadi calon presiden,” tandasnya.

Isu Anies Baswedan Nyapres, Ferdinand Hutahaean Siap Lawan

Halaman: 
Penulis : Iskandar
 
×
×